Santai

Dipisahkan Maut Begini Kisah Cinta Ratu Elizabeth II dan Philip

Dipisahkan Maut Begini Kisah Cinta Ratu Elizabeth II dan Philip

MOMSMONEY.ID - Ratu Elizabeth II telah menghembuskan nafas terakhir pada 8 September 2022 lalu. Ratu meninggal setelah 1,5 tahun sebelumnya Pangeran Philip meninggal dunia. Banyak kisah menarik mengenai kehidupan sang ratu, mengingat masa pemerintahannya yang berlangsung selama 70 tahun, tak terkecuali kehidupan cinta sang ratu dengan Pangeran Philip. Keduanya mengukir sejarah sebagai pasangan royal yang menikah paling lama. 

Ratu Elizabeth II bertemu dengan Pangeran Philip pada 1934

Saat itu Ratu Elizabeth II berusia 8 tahun. Mereka berdua bertemu saat menghadiri pernikahan Puteri Marina dan Pangeran George. Melansir insider.com, Pangeran Philip berasal dari keluarga kerajaan Yunani, merupakan sepupu jauh Elizabeth.

Kemudian pada tahun 1939, Elizabeth yang berusia 13 tahun menemani raja dan ratu kunjungan ke Royal Naval College. Pada pertemuan kedua ini, Pangeran Philip merupakan kadet yang sedang dalam pelatihan. Philip saat itu bertugas sebagai pengawal  Elizabeth dan adiknya yang bernama Margaret.

Baca Juga: Kaisar Jepang Dipastikan Menghadiri Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pada pertemuan kedua inilah Elizabeth tertarik pada Pangeran Philip. Suatu saat Pangeran Philip mengambil cuti untuk menemui keluarganya di tahun 1944. Pada saat itu Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II bertukar surat, bahkan Ratu Elizabeth menyimpan foto sang pangeran. 

Menjelang akhir Perang Eropa, Ratu Elizabeth II bergabung dengan Auxiliary Territorial Service (ATS) dan belajar mengemudi. Hingga pada perayaan kemenangan Eropa 8 Mei 1945 mereka memberanikan diri untuk pergi bersama. 

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II sempat tidak direstui oleh George VI

Melansir BBC, setelah perang berakhir, mereka berdua memberanikan diri menemui George VI dan menyampaikan maksud ingin menikah. Namun George tidak mau kehilangan anak kesayangannya dan Pangeran Philip tidak dapat diterima karena berdarah asing. 

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menikah di tahun 1947

BRITAIN-ROYALS/PHILIP

Namun pada akhirnya mereka berdua mendapatkan restu untuk menikah. Pada Juli 1947 mereka berdua bertunangan, dan pada 20 November 1947 keduanya menikah di Westminster Abbey. Uniknya, Westminster Abbey ini juga akan menjadi salah satu tempat dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth pada 19 September 2022 mendatang. 

Setelah menikah, Pangeran Philip menjadi Duke of Edinburgh. Dia tetap melayani Angkatan Laut. Philip dan Elizabeth memiliki anak pertamanya, Charles pada 1948 dan anak keduanya Anne ada 1950. 

Elizabeth II dinobatkan menjadi ratu pada tahun 1953

 Sayangnya, ayah Elizabeth meninggal dunia pada tahun 1952 saat Elizabeth berusia 25 tahun. Pada saat ini Pangeran Philip berlutut di depan Elizabeth II untuk menjadi pelayan yang setia. Philip terlihat hampir selalu mendampingi Ratu Elizabeth saat melakukan kunjungan ke banyak pemimpin dunia. Di tahun 1960, keduanya memiliki anak ketiga yaitu Pangeran Andrew. Kemudian di tahun 1964, keduanya memiliki anak keempat yaitu Pangeran Edward. 

Kelahiran Pangern Edward menjadi sejarah baru, Philip untuk pertama kalinya berada disamping Elizabeth dan menyaksikan kelahiran anak keempatnya. 

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Berpulang, Kekayaannya yang Hampir US$ 500 Juta untuk Siapa?

Philip, Duke of Edinburgh Meninggal pada 9 April 2021

Pada tahun 2020, pernikahan keduanya mencapai usia 73 tahun perkawinan. Namun pada Februari 2021 Philip harus dilarikan ke Rumah Sakit King Edwars VII’s dan dipindahkan ke Rumah Sakit St Bartholomew untuk perawatan jantung. Dia kemudian kembali ke Kastil Windstor pada 16 Maret 2021.  Setelah melalui banyak tugas kenegaraan bersama Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip meninggal dunia pada 9 April 2021 di usia 99 tahun. Pangeran Philip meninggal dunia di Kastil Windstor. Kemudian pada 8 September 2022, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News