Diperpanjang Hingga Desember 2021, Ini Cara Mengecek Stimulus Listrik PLN

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 18 Oktober 2021 | 09:29 WIB
Diperpanjang Hingga Desember 2021, Ini Cara Mengecek Stimulus Listrik PLN

ILUSTRASI. Stimulus listrik PLN diperpanjang hingga Desember 2021.

MOMSMONEY.ID - Kabar gembira untuk pelanggan PLN, stimulus listrik diperpanjang hingga Desember 2021!

Stimulus Listrik merupakan program PLN yang diberikan untuk pelanggan dalam kategori masyarakat kecil, industri, bisnis, dan sosial. Tujuannya adalah untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dan industri kecil yang terdampak pandemi. 

Nah, melalui pengumuman yang disampaikan lewat akun Instagram resmi PLN (@pln_id) dan Contact Center PLN (@pln123_official) pada Sabtu (16/10), stimulus listrik akan diperpanjang hingga Desember 2021. Hal ini tentu semakin meringankan beban pelanggan dalam membayar tagihan listrik.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan stimulus listrik dari PLN ini? Yuk, simak di bawah!

Baca Juga: Promo PLN Oktober 2021, Dapatkan Harga Spesial untuk Tambah Daya

Skema Perpanjangan Stimulus

Sebelumnya, ada baiknya Anda memahami skema diskon dalam perpanjangan stimulus ini. Stimulus listrik ini diberikan untuk pelanggan rumah tangga dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pelanggan rumah tangga dengan kategori daya R1/TR 450 VA akan diberikan diskon sebesar 50%.

Sementara bagi rumah tangga dengan kategori daya R1/TR 900 VA, besaran diskon yang diberikan sebesar 25%. Untuk pelanggan listrik pascabayar, diskon tersebut akan diterima saat pembayaran rekening listrik.

Sedangkan, pengguna prabayar akan menerima diskon saat membeli token. Selain itu, ada juga Pembebasan Biaya Beban atau Abonemen sebesar 50% yang diberlakukan bagi pelanggan-pelanggan berikut ini:

  • Golongan Bisnis: daya 450 VA (B1/TR 450 VA)
  • Golongan Industri: daya 450 VA (I1/TR 450 VA)

Baca Juga: Inspirasi Penggunaan Wallpaper Bertekstur, Interior Rumah Tampil Beda

Cara Mengecek Stimulus Listrik

Untuk mengecek apakah Anda mendapatkan stimulus listrik dari PLN, Anda perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile terlebih dahulu melalui app store di ponsel Anda. Setelahnya, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Pilih menu Info Stimulus.
  3. Masukkan nomor meter atau ID pelanggan, kemudian klik kirim.
  4. Jika Anda mendapatkan stimulus, historis penerimaan stimulus selama masa diskon tarif akan muncul di layar. Jika Anda tidak termasuk penerima stimulus, akan muncul pemberitahuan Anda tidak mendapatkan potongan biaya.
  5. Untuk pelanggan prabayar, terdapat link untuk membeli token melalui PLN Mobile dan memuat informasi stimulus token yang didapatkan sebelumnya.
  6. Untuk pelanggan pascabayar, terdapat link untuk membayar tagihan listrik dan memuat informasi besaran stimulus yang didapatkan sebelumnya.

Bagaimana, mudah dan cepat kan? Jika Anda termasuk golongan yang membutuhkan bantuan stimulus listrik, silakan ikuti panduan di atas untuk mendapatkan potongan biaya.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Inspirasi Penggunaan Wallpaper Bertekstur, Interior Rumah Tampil Beda

Editor: Kania Paramahita
Terbaru