HOME, Bugar

Dinobatkan Jadi Makanan Tersehat di Dunia, Kimchi Punya Segudang Khasiat Buat Tubuh

Dinobatkan Jadi Makanan Tersehat di Dunia, Kimchi Punya Segudang Khasiat Buat Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kimchi merupakan makanan yang berasal dari sawi putih yang difermentasi bersama dengan beberapa bumbu tambahan, seperti gula, garam, bawang, dan bubuk cabai untuk menambah rasa.

Karena bahan-bahannya yang sehat, kimchi punya manfaat baik bagi kesehatan, lo! Dilansir dari Asia Society, jenis kimchi di Korea sendiri tercatat ada lebih dari 200 jenis dengan berbagai olahan rasa dan masakan yang tentunya berbeda.

Inilah yang menyebabkan orang Korea hampir tidak pernah bosan mengonsumsinya meski dimakan setiap hari.

Dilansir dari English Visit Korea, dikatakan bahwa kimchi adalah salah satu makanan tersehat di dunia menurut Majalah Amerika Serikat “Health”. Mengapa Kimchi ini disebut sebagai makanan sehat?

Baca Juga: Promo KFC 16-18 Agustus 2021, Kombo Merah Putih Rp 76.000 Dapat Banyak Ayam & Minuman

Lalu apa saja manfaat kimchi sehingga disebut makanan sehat? Dirangkum dari Web MD, BBC Good Food, English Visit Korea, kita simak selengkapnya!

Melancarkan pencernaan

Kimchi disebut sebagai makanan sehat karena adanya proses fermentasi kimchi yang mengandung bakteri asam laktat. Bakteri ini gunanya untuk membantu melancarkan pencernaan dan memerangi bakteri yang berbahaya.

Baca Juga: Promo Pizza Hut 16-18 Agustus 2021, Beli 1 Gratis 1 Spesial Kemerdekaan

Mengandung Kolin

Kimchi kaya akan kolin yang mengandung banyak sekali manfaat. Kolin dalam Kimchi merupakan senyawa alami yang penting untuk menjaga sel, otot, sistem saraf, dan bahkan suasana hati. Kolin juga mampu menjaga daya ingat Anda.

Baca Juga: Resep Sup Ayam Ginseng Ala Korea yang Kaya Rempah & Menyehatkan

Mengandung vitamin K

Kimci mengandung vitamin K yang berguna bagi pelancaran darah. Vitamin K itu sendiri mencegah pembekuan darah serta dapat memperkuat tulang dalam tubuh serta menjaga tulang agar tidak mudah rapuh.

Mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Kimchi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pernyataan tersebut didukung melalui penelitian terhadap bakteri baik Lactobacillus plantarum yang ada dalam kimchi yang MomsMoney kutip melalui Healthline.

Baca Juga: Resep Ayam Woku Kemangi, Sajian Tradisional yang Pedas Khas Sulawesi

Penelitian tersebut mengatakan bahwa tikus yang disuntikkan makanan yang mengandung bakteri di atas memiliki tanda inflamasi tumor nekrosis faktor alpha (TNF Alpha) yang lebih rendah dibanding tikus lain yang tidak disuntikkan bakteri tersebut.

Tingkat TNF Alpha ini biasanya meningkat selama sakit. Ini menunjukkan bahwa kadar TNF Alpha yang tinggi dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Penelitian lain dari tabung reaksi yang mengisolasi bakteri Lactobacillus plantarum dari Kimchi menunjukkan bahwa bakteri ini memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Promo KFC Agustus 2021, Diskon 50% Winger Bucket Isi 14 Ayam di bawah Rp 50.000-an!

Meningkatkan kesehatan jantung

Kimchi mengandung probiotik. Probiotik itu sendiri terbukti meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolestrol dan peradangan. Studi juga menunjukkan bahwa kimchi dapat mengurangi risiko aterosklerosis melalui sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan penurunan kolestrol.

Nah itu dia beberapa manfaat dari kimchi. Nyatanya makanan ini memiliki manfaat besar dalam bidang kesehatan. Jadi Anda tak perlu khawatir untuk mengonsumsi kimchi setiap hari karena kimchi aman meski dimakan setiap hari.

Selanjutnya: Promo Pizza Hut Agustus 2021, Pizza Merah Putih Spesial Agustus Cuma Rp 109 Ribu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News