HOME, Keluarga

Dikenal Ringan dan Terjangkau, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Plastik

Dikenal Ringan dan Terjangkau, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Plastik

MOMSMONEY.ID - Saat ini, Anda dapat menemukan furnitur-furnitur rumah yang terbuat dari berbagai material, mulai dari kayu, besi, kaca, hingga plastik.

Sebagai material yang sangat fleksibel, plastik cukup populer digunakan sebagai bahan furnitur. Anda bisa menemukan beragam jenis furnitur yang terbuat dari plastik, mulai dari kursi hingga meja.

Jika dilihat secara sekilas, furnitur plastik mungkin memang terasa kurang menarik dibandingkan material furnitur lainnya. Namun, di samping kekurangan yang dimilikinya, furnitur plastik juga memiliki kelebihan tersendiri, lo.

Nah, ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan furnitur plastik? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Tips Feng Shui untuk Dekorasi Rumah Berwarna Biru, Seperti Apa?

Kelebihan Furnitur Plastik

Harga lebih terjangkau

Salah satu kelebihan utama dari furnitur plastik adalah harganya yang cenderung lebih terjangkau daripada material lainnya. Dikutip dari hccf.com.au, hal ini disebabkan oleh material plastik yang murah dan diproduksi secara masal, sehingga harga jual furnitur plastik bisa lebih ditekan.

Tidak mudah rusak

Dibandingkan dengan furnitur kayu atau besi yang mudah rusak karena paparan suhu dan cuaca, furnitur plastik tergolong tidak rentan rusak karena dua hal tersebut. Jadi, furnitur plastik sangat cocok digunakan di luar ruangan.

Bobotnya cenderung ringan

Melansir getrit.com, kelebihan furnitur plastik yang cukup menonjol adalah bobotnya yang termasuk ringan jika dibandingkan dengan material furnitur lainnya. Hal ini membuat furnitur plastik mudah dibawa-bawa dan dipindah-pindah bila diperlukan.

Mudah dirawat

Karena tidak mudah rusak oleh paparan suhu dan cuasa, furnitur plastik pada dasarnya tidak memerlukan banyak perawatan. Cukup bersihkan dengan kain bersih yang dibasahi sedikit air, furnitur plastik pun akan selalu terlihat bersih dan kinclong.

Baca Juga: Terlihat Elegan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Rumah Berbahan Kaca

Kekurangan Furnitur Plastik

Tidak banyak variasi desain

Furnitur berbahan plastik yang diproduksi secara masal memang dapat menekan harga jualnya, tapi hal tersebut menyebabkan furnitur plastik tidak memiliki banyak variasi desain. Furnitur plastik pun kerap memiliki desain yang hampir sama.

Baca Juga: 7 Ide Memanfaatkan Sudut Kosong di Rumah, untuk Area Kerja Hingga Rak Buku

Tampilannya terlihat murah

Dengan harganya yang tergolong terjangkau, wajar jika furnitur plastik menghadirkan tampilan yang terkesan murahan dan kurang elegan. Jika Anda menginginkan interior rumah yang terlihat stylish dan keren, mungkin furnitur plastik tidak cocok dengan selera Anda.

Tidak ramah lingkungan

Plastik terkenal sebagai salah satu material yang sulit terurai secara alami, sehingga membuatnya tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan furnitur plastik, coba pikirkan dampaknya terhadap alam dan pastikan Anda merawat furnitur plastik dengan baik sehingga dapat bertahan lama.

Itulah kelebihan dan kekurangan furnitur plastik yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News