HOME, Keluarga

Dikenal Praktis, Ini Plus dan Minus Dishwasher yang Perlu Anda Ketahui

Dikenal Praktis, Ini Plus dan Minus Dishwasher yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Mencuci piring merupakan salah satu kegiatan rumah tangga yang kerap menjadi momok bagi sebagian orang karena terasa merepotkan dan melelahkan.

Apalagi, ada beberapa risiko kesehatan yang mengintai, seperti iritasi kulit karena kontak dengan sabun cuci piring atau badan pegal karena terlalu lama mencuci piring.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini sudah ada alat bernama dishwasher atau alat pencuci piring otomatis yang praktis dan mudah digunakan. Walaupun kurang dikenal di Indonesia, alat yang satu ini sudah umum digunakan di negara-negara Barat.

Dikutip dari Amica International, dishwasher bekerja dengan cara menyemprotkan air secara berulang pada piring dan gelas kotor, sehingga langsung menyingkirkan kotoran yang menempel. Setelahnya, mesin di dalam dishwasher akan mengeluarkan udara panas yang mengeringkan piring dan gelas.

Baca Juga: Tips Feng Shui untuk Rumah yang Menghadap Barat, Seperti Apa?

Meskipun terdengar praktis, dishwasher tentu juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Yuk, pahami kelebihan dan kekurangan dishwasher lewat penjelasan berikut ini!

Kelebihan Dishwasher

Hemat waktu

Dikutip dari Environmental Conscience, Anda bisa menghemat banyak waktu jika mencuci piring menggunakan dishwasher. Pasalnya, Anda tak perlu mencuci piring kotor satu per satu, sehingga waktu yang terbuang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lainnya.

Menghemat tenaga fisik

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda tak hanya dapat menghemat waktu, tapi juga menghemat tenaga. Anda pun tak perlu merasakan pegal-pegal atau kelelahan akibat mencuci piring dalam waktu lama.

Mudah digunakan

Melansir All Area Appliance, kemudahan dan kepraktisan menjadi salah satu keunggulan utama dishwasher. Anda hanya tinggal memasukkan piring dan gelas kotor ke dalam rak dishwasher, lalu menekan tombol-tombol tertentu dan membiarkan dishwasher melakukan pekerjaannya untuk Anda.

Membantu mensterilkan cucian

Dishwasher dapat membuat cucian piring dan gelas Anda lebih higienis dan steril, lo. Pasalnya, dalam proses pencuciannya, alat ini menggunakan air bersuhu tinggi untuk mencuci dan membilas piring dan gelas kotor. Jadi, piring dan gelas Anda akan terbebas dari bakteri dan membantu menjaga kesehatan Anda.

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Polusi Udara di Rumah, Tubuh Makin Sehat!

Kekurangan Dishwasher

Biaya yang tidak sedikit

Di balik kenyamanan yang ditawarkan, menggunakan dishwasher juga perlu biaya yang tidak sedikit. Selain harganya yang tergolong tidak murah, dishwasher juga perlu biaya-biaya tertentu untuk perawatannya.

Butuh ruang yang tidak sedikit

Selain menghabiskan biaya yang tidak sedikit, alat yang satu ini juga membutuhkan ruang yang tidak sedikit. Jadi, jika Anda ingin memasang dishwasher di dapur Anda, pastikan ada ruang yang cukup untuk memasang seluruh alatnya.

Baca Juga: Tetap Berkualitas, Ini Rekomendasi Air Fryer di Bawah 1 Juta yang Bisa Dicoba

Masih butuh pencucian manual

Walaupun praktis, kenyatannya tidak semua alat masak dan makan Anda dapat dibersihkan dengan dishwasher, misalnya panci besar. Selain itu, dishwasher juga bisa menyisakan noda membandel pada piring Anda, sehingga tetap perlu dicuci secara manual.

Menggunakan banyak energi listrik

Sebelum menggunakan dishwasher di rumah, Anda perlu memikirkan energi listrik yang akan dikonsumsi oleh alat ini. Pasalnya, dishwasher cenderung menggunakan banyak energi listrik untuk dapat bekerja dengan optimal, sehingga akan mempengaruhi penggunaan listrik di rumah Anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dishwasher yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News