HOME, Keluarga

Dijamin Mulus, Ini 5 Tips Memakai Foundation untuk Kulit Kering

Dijamin Mulus, Ini 5 Tips Memakai Foundation untuk Kulit Kering

MOMSMONEY.ID - Berbeda dengan kulit berminyak yang membutuhkan produk makeup serba matte, kulit kering justru sebaliknya.Dikarenakan kulit kering rentan bersisik, kasar, dan kusam, maka diperlukan produk-produk makeup yang cenderung menghidrasi supaya kulit tidak terlihat semakin kering dan tidak mulus.

Selain pemilihan produk yang tepat, teknik mengaplikasikan makeup pada kulit kering pun harus dilakukan dengan benar, salah satunya dalam memakai foundation.

Inilah 5 tips memakai foundation untuk kulit kering ala Maybelline New York.

1. Eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi Wajah

Kulit kering akan terlihat kusam dan lelah jika sel kulit mati dibiarkan menumpuk begitu saja. Selain itu, penumpukan sel kulit mati juga akan memberikan tekstur yang tidak merata atau cenderung kasar pada wajah. Akibatnya, makeup menjadi sulit menempel dengan baik serta sukar terlihat flawless.

Baca Juga: Lakukan 6 Kegiatan Ini untuk Meningkatkan Oksitosin atau Hormon Cinta

Pastikan untuk melakukan eksfoliasi secara teratur setidaknya 1-2 kali seminggu terutama jika Anda gemar memakai makeup. Ini berguna untuk membantu menghilangkan sel kulit mati dan serpihan kering dari wajah sekaligus menciptakan kanvas yang halus untuk mengaplikasikan foundation.

Pilihlah produk eksfoliasi yang lembut dan fokuskan pada area yang bermasalah seperti di sekitar hidung dan dagu.

2. Aplikasikan moisturizer

Moisturizer

Penggunaan moisturizer sebelum makeup merupakan hal yang wajib khususnya bagi para pemilik kulit kering.

Se-dewy apapun foundation yang akan Anda pakai, selalu ingat untuk tetap menggunakan moisturizer yang benar-benar menghidrasi sebelum mengaplikasikannya. Dengan menggunakan moisturizer, itu akan membantu mempertahankan tingkat kelembaban pada kulit sepanjang hari.

Oleskanlah moisturizer andalan Anda ke wajah yang telah dibersihkan kemudian tunggu sekitar 5-10 menit sebelum mengaplikasikan foundation. Hal ini dilakukan untuk memastikan foundation benar-benar menyerap ke dalam kulit.

3. Pakai hydrating primer

Hydrating primer

Skin preparation selanjutnya setelah menggunakan moisturizer adalah memakai hydrating primer. Mengapa harus hydrating primer alih-alih primer dengan finish matte? Karena, hydrating primer memiliki formula menghidrasi yang bermanfaat untuk menambahkan lapisan hidrasi ke kulit kering Anda.

Jika kulit Anda terasa super kering, Anda bisa mengoleskan beberapa tetes face oil pada wajah kemudian pijat-pijat dengan lembut sebelum menggunakan hydrating primer.

Adapun kombinasi antara face oil dan hydrating primer akan menambahkan kilau pada kulit sekaligus menciptakan dasar yang halus supaya foundation dapat meluncur dengan baik di atas kulit.

4. Pilih dewy foundation

Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth

Hindarilah foundation berlabel matte karena bisa membuat wajah semakin kering. Apabila Anda bersikeras untuk memakai foundation matte padahal kulit Anda bertipe kering, itu hanya akan memperjelas tekstur kulit dan menciptakan tambalan-tambalan kering yang jauh dari kata mulus.

Sebagai gantinya, pilihlah foundation dengan hasil akhir dewy atau satin untuk membantu menutupi imperfection wajah tanpa mengeringkan.

Untuk coverage tinggi, aplikasikanlah foundation menggunakan foundation brush. Namun, jika Anda menginginkan hasil akhir yang tampak lebih natural, Anda bisa mengaplikasikan foundation menggunakan spons.

5. Akhiri dengan setting spray

Setting spray

Khusus kulit kering, hindarilah untuk mengunci foundation Anda menggunakan bedak padat atau bedak tabur kecuali Anda benar-benar membutuhkannya untuk mengunci concealer di bawah mata.

Pasalnya, penggunaan bedak padat atau bedak tabur dapat menonjolkan area kering pada wajah Anda serta bisa menghilangkan semua cahaya dan kelembaban dari foundation dewy yang telah Anda aplikasikan sebelumnya.

Sebaiknya, kuncilah makeup Anda menggunakan setting spray untuk menciptakan lapisan hidrasi ekstra pada kulit Anda. Bukan hanya membuat kulit terasa lebih lembab, hasil makeup Anda pun akan terlihat lebih berkilau atau berembun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News