HOME, Keluarga

Dijamin Ampuh, Ini 3 Cara Hilangkan Karat yang Menempel Pada Pisau Dapur

Dijamin Ampuh, Ini 3 Cara Hilangkan Karat yang Menempel Pada Pisau Dapur

MOMSMONEY.ID - Pisau dapur yang berkarat bisa jadi sinyal berbahaya bagi kesehatan Anda sekeluarga. Pasalnya, karat dapat menimbulkan berbagai penyakit jika tak sengaja menyentuh makanan yang akan dikonsumsi.

Selain berbahaya, pisau yang berkarat juga tidak higienis. Pisau yang berkarat bisa menimbulkan penyakit tetanus jika tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.

Bagi anda yang belum sempat mengganti pisau berkarat dengan pisau yang baru, MomsMoney punya beberapa ide membersihkan karat pada pisau dapurmu, lo!

Baca Juga: 5 Tahap Mencuci Sayuran untuk Hilangkan Kotoran Tanpa Hilangkan Kandungan Gizi

Tenang, cara ini bisa terbilang sangat mudah karena menggunakan bahan-bahan alami. Tahap pembersihannya hanya perlu digosok-gosok saja.

Penasaran kan, bagaimana cara menghilangkan karat pada pisau dapur? Dirangkum dari The Kitchn, My Chef Knives, dan Japana Home berikut tips-tipsnya!

Baca Juga: 4 Cara Belanja Makanan Agar Tetap Higienis dan Terhindar dari Kuman

Kentang

Ternyata kentang mampu menghilangkan karat pada pisau dapur, loh!

Hal ini disebabkan karena kentang mengandung asam oksalat yang berfungsi sebagai antikarat pada baja.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu kentang mentah yang dipotong menjadi 2 bagian. Lalu salah satu sisi kentang yang telah dipotong bisa anda gosokkan ke bagian karat pada pisau.

Gosok terus hingga karat perlahan menghilang. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan sabun dan jangan lupa untuk mengeringkan pisau menggunakan kain bersih.

Baca Juga: 3 Tips Memasak Sayuran Tanpa Menghilangkan Nutrisinya

Bawang

Bawang memiliki kandungan asam sulfonat yang membantu pisau menghilangkan karatnya.

Sama seperti kentang, anda hanya perlu menggosok-gosokkan bawang ke bagian pisau yang berkarat hingga karat perlahan menghilang. Setelahnya, bilas kembali pisau menggunakan air dan sabun.

Baca Juga: Resep Cumi Bakar Saus Madu, Pesona Olahan Seafood yang Sulit Ditolak

Jus Lemon

Becky Rapinchuk, seorang blogger Clean Mama dalam The Kitchn mengatakan bahwa pisau sangat mudah berkarat jika penggunanya tidak membersihkan pisau secara rutin setelah pemakaian.

Karat pada pisau terjadi jika anda terlalu lama membiarkan pisau dalam genangan sabun ataupun membiarkan pisau basah tanpa mengeringkannya.

Tapi kini anda tidak perlu khawair karena ada cara alami dari lemon untuk dapat menyingkirkan karat pada pisau.

Sama seperti bawang dan kentang, karat pada pisau dapur dapat lenyap hanya dengan menggosok-gosokan lemon yang telah dipotong ke bagian karat pada pisau.

Baca Juga: Mau Simpan Ayam di dalam Kulkas? Simak 4 Cara agar Ayam Tetap Aman Dikonsumsi

Jika cara tersebut kurang ampuh, anda bisa menambahkan garam laut pada permukaan lemon untuk digosokkan pada pisau tersebut. Cara ini bisa dibilang lebih efektif dan tidak memakan banyak waktu dalam menyingkirkan karat.

Setelah pisau bersih, bilas menggunakan sabun dan air. jangan lupa untuk mengeringkan kembali pisau agar karat tidak muncul lagi.

Namun jika karat telah memenuhi keseluruhan permukaan pisau dan sudah sangat sulit dibersihkan, maka MomsMoney anjurkan untuk membeli pisau dapur yang baru agar kesehatan keluarga tak dipertaruhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News