HOME, Bugar

Diet Jeruk Nipis, Cara Diet Alami yang Bisa Dicoba

Diet Jeruk Nipis, Cara Diet Alami yang Bisa Dicoba

MOMSMONEY.ID - Kondisi obesitas dinilai sebagai kondisi kronis yang terjadi akibat adanya penumpukan lemak pada tubuh. Jika tidak diatasi, kondisi ini dapat meningkatkan berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, atau hipertensi.

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan agar menjadi ideal, salah satunya dengan melakukan pola makan sehat dan seimbang.

Selain itu, beberapa bahan alami juga dinilai cukup efektif dalam menurunkan berat badan, salah satunya air jeruk nipis. 

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Antioksidan sendiri memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas maupun bahan kimia.

Tidak hanya antioksidan, jeruk nipis juga memiliki kandungan kalium, kalsium, magnesium, vitamin A, B, C, dan juga vitamin D yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan maupun menjaga berat badan tetap stabil.

Baca Juga: Hindari 6 Buah Tinggi Kalori Saat Melakukan Diet

Melansir Healthline, air jeruk nipis menjadi salah satu bahan alami yang dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

Hal ini disebabkan kandungan asam sitrat yang meningkatkan metabolisme dan juga membantu tubuh membakar kalori lebih banyak sehingga lemak yang tersimpan lebih sedikit.

Beberapa penelitian menyebut, diet jeruk nipis dapat membantuk tubuh menghancurkan lemak. Diet ini juga dianggap sebagai cara alami menurunkan berat badan tanpa harus minum obat-obatan peluruh lemak maupun puasa berhari-hari.

Untuk mendapatkan efek penurunan berat badan dalam diet jeruk nipis ini, kamu dapat mengonsumsi jeruk nipis dengan cara:

1. Memeras dan mencampurnya dengan air hangat, diminum 30 menit sebelum makan. Tujuannya merangsang metabolisme agar tubuh dapat mencerna makanan lebih cepat.

2. Memeras dan mencampurnya dengan air hangat, untuk diminum pada pagi hari agar metabolisme tubuh dapat berjalan lebih aktif, sehingga lemak akan cepat terbakar.

3. Memotong dan mengisapnya seperti makan jeruk pada umumnya. Lakukan ini 30 menit sebelum makan. Kamu bisa mencobanya bila lidah memang tahan terhadap rasa asam.

Baca Juga: Mengenal Pola Diet Sirtfood dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat

Satu hal yang pasti, kita tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi jeruk nipis. Tidak semua orang tahan terhadap rasa asamnya, dan beberapa orang bisa mengalami sakit perut bila mengonsumsi dalam jumlah banyak.

Selain itu, tetap jaga pola makan secara keseluruhan ketika menjalani diet jeruk nipis, termasuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah lainnya setiap hari.

Pastikan juga berolahraga atau melakukan aktivitas fisik selama 30 menit per hari untuk memperlancar metabolisme tubuh. Jika mengalami keluhan kesehatan ketika menjalani diet jeruk nipis, hentikan kegiatan itu dan berkonsultasilah pada dokter.

Selanjutnya: Diet Kentang Ampuh Turunkan Berat Badan, Lihat Aturannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News