Bugar

Diet Jeruk Nipis, Cara Diet Alami yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Diet Jeruk Nipis, Cara Diet Alami yang Ampuh Turunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Inilah penjelasan diet jeruk nipis sebagai cara diet alami yang ampuh turunkan berat badan.

Kondisi obesitas dinilai sebagai kondisi kronis yang terjadi akibat adanya penumpukan lemak pada tubuh.

Jika tidak diatasi, kondisi ini dapat meningkatkan berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, atau hipertensi. 

Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan agar menjadi ideal, salah satunya dengan melakukan pola makan sehat dan seimbang. 

Selain itu, beberapa bahan alami juga dinilai cukup efektif dalam menurunkan berat badan, salah satunya air jeruk nipis.  

Baca Juga: 11 Cara Menurunkan Darah Tinggi dan Cara Pencegahannya

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Antioksidan sendiri memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas maupun bahan kimia. 

Jeruk nipis juga memiliki kandungan kalium, kalsium, magnesium, vitamin A, B, C, dan juga vitamin D yang dapat membantu meningkatkan kesehatan maupun menjaga berat badan.

Melansir Healthline, air jeruk nipis menjadi salah satu bahan alami yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. 

Hal ini disebabkan kandungan asam sitrat yang meningkatkan metabolisme dan juga membantu tubuh membakar kalori lebih banyak sehingga lemak yang tersimpan lebih sedikit. 

Diet jeruk nipis ini juga dianggap sebagai cara alami menurunkan berat badan tanpa harus minum obat-obatan peluruh lemak maupun puasa berhari-hari. 

Untuk mendapatkan efek penurunan berat badan dalam diet jeruk nipis ini, Anda dapat mengonsumsi jeruk nipis dengan cara: 

1. Memeras dan mencampurnya dengan air hangat, diminum 30 menit sebelum makan. Tujuannya merangsang metabolisme agar tubuh dapat mencerna makanan lebih cepat. 

2. Memeras dan mencampurnya dengan air hangat, untuk diminum pada pagi hari agar metabolisme tubuh dapat berjalan lebih aktif, sehingga lemak akan cepat terbakar. 

3. Memotong dan mengisapnya seperti makan jeruk pada umumnya. Lakukan ini 30 menit sebelum makan. Anda bisa mencobanya bila lidah memang tahan terhadap rasa asam. 

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

Satu hal yang pasti, kita tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi jeruk nipis karena akan mengakibatkan hal yang buruk juga untuk kesehatan.

Tidak semua orang tahan terhadap rasa asamnya, dan beberapa orang bisa mengalami sakit perut bila mengonsumsi dalam jumlah banyak. 

Selain itu, tetap jaga pola makan secara keseluruhan ketika menjalani diet jeruk nipis, termasuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah lainnya setiap hari.

Pastikan juga berolahraga atau melakukan aktivitas fisik selama 30 menit per hari untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Jika mengalami keluhan kesehatan ketika menjalani diet jeruk nipis, hentikan kegiatan itu dan berkonsultasilah pada dokter. 

Itulah penjelasan diet jeruk nipis sebagai cara diet alami yang ampuh turunkan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News