Santai

Dibuang Sayang, Simak 4 Manfaat Konsumsi Kentang dan Kulitnya yang Kaya Nutrisi

Dibuang Sayang, Simak 4 Manfaat Konsumsi Kentang dan Kulitnya yang Kaya Nutrisi

MOMSMONEY.ID - Sering dibuang, ternyata kulit kentang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Ini manfaat mengonsumsi kentang bersamaan dengan kulitnya.

Tak banyak orang tahu bahwa kulit kentang yang kerap dibuang memiliki segudang manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Selain dagingnya yang bernutrisi, ternyata kulit kentang punya banyak manfaat dan penuh nutrisi.

Mari simak beberapa manfaat mengonsumsi kulit kentang berikut:

Baca Juga: Sering Luput dari Perhatian, Ini 5 Manfaat Jengkol buat Kesehatan yang Tak Terduga

Kaya nutrisi

Satu buah kentang yang sudah dikukus bersama dengan kulitnya, ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi. Dari satu buah tersebut sudah bisa memenuhi 40% lebih jumlah konsumsi harian vitamin C.

Selain itu, setengah kandungan dari vitamin B6 juga bisa terpenuhi. Bahkan, jumlah kandungan potasium dalam kentang bisa melebihi jumlah potasium pada pisang. Kandung lain seperti kalsium, magnesium, dan folat juga bisa ditemukan dalam kentang.

Melancarkan pencernaan

Manfaat lain dari mengonsumsi kulit kentang yang dilansir dari laman Live Strong adalah bisa membantu melancarkan pencernaan.

Per 100 gram kulit kentang mengandung serat empat kali lebih banyak dari pada kentang yang dikukus bersamaan dengan kulitnya. Sehingga, kandungan serat yang tinggi tersebut bisa mengatasi gangguan pencernaan serta membuat pencernaan jadi makin lancar.

Baca Juga: 4 Manfaat Desahan Saat Berhubungan Seks, Bisa Jadi Penambah Gairah

Meningkatkan imun

Jika ingin meningkatkan imunitas dan mengatasi alergi, maka kulit kentang bisa menjadi opsinya. Kulit kentang merupakan sumber alami yang tinggi kandungan flavonoids.

Kandungan tersebut bisa mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi. Selain itu, kandungan flavonoid yang ada pada kentang bisa menjadi stimulasi penting untuk sistem imun tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Kulit kentang yang sudah dikukus merupakan sumber dari potasium dan magnesium. Laman Web MD menyebutkan, ketika tubuh tidak memiliki jumlah potasium yang banyak dalam makanan, maka tubuh akan mengalami peningkatan jumlah sodium.

Yang kemudian, bisa memicu naiknya tekanan darah. Sumber makanan yang mengandung banyak kandungan potasium bisa membantu mengurangi tekanan darah, melindungi jantung, dan mengurangi risiko stroke.

Nah, itulah tadi sederet keuntungan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi kulit kentang yang ternyata baik bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News