Santai

Dian Sastro Gaungkan Penggunaan Kain dan Kebaya

Dian Sastro Gaungkan Penggunaan Kain dan Kebaya

MOMSMONEY.ID - Pamor fesyen batik kian populer di dalam maupun luar negeri. Penggunaan kain batik belakangan juga menarik minat banyak kalangan. Baik ibu rumah tangga, mahasiswa hingga kalangan artis dan pejabat.

Kecintaan penggunaan kain batik juga turut dilakukan artis Dian Sastrowardoyo. Pemeran Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta ini mengaku bahwa kesukaannya pada kain batik dan kebaya bukan hanya ketertarikan dari sisi fesyen belaka. Melainkan ingin menampilkan identitas negara lewat berbusana.

“Aku kagum sama remaja di Jepang yang menggunakan fesyen harajuku atau ibu-ibu di India yang bekerja di kantor dan menggunakan kain sari,” ujarnya di acara Lazada Women Fest, Sabtu (12/11).

Bagi perempuan kelahiran 16 Maret 1982 ini penggunaan kain batik dan kebaya sesungguhnya bisa diterapkan banyak orang saat kuliah, kantor dan manapun. “Karena ada ciri bangsa yang dibawa saat bertemu orang,” tutur ibu dua anak ini.

Baca Juga: Amankah Madu Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ini 5 Makanan Sehat untuk Diabetes

Kendati menggaungkan penggunaan kain dan kebaya, Dian masih melihat bahwa masih saja ada tantangan dimana beberapa orang yang beranggapan bahwa penggunaan kain batik dan kebaya hanya untuk momen resmi saja. Tidak hanya, Dian menilai bahwa ada anggapan bahwa menggunakan kebaya cukup rumit. "Biasanya kalau pakai kebaya, rambut harus konde, terus ribet atau gatal dan lainnya," ungkap Dian.

Dia menegaskan bahwa anggapan tersebut sangatlah salah. Anda bisa sangat mudah untuk padu padankan kebaya dengan rok batik dengan model yang bisa diatur, dan sepatu olahraga atau apapun yang membuat anda nyaman. Tak melulu untuk acara resmi perkawinan, pertunangan atau apapun itu. Menurut Dian, pengunaan kebaya dan batik juga bukan untuk ajang pamer fesyen.

"Pakai kebaya atau baik bukan untuk kompetisi kekayaan. Aku beli kebaya di salah satu marketplace yang harganya dibawah Rp 100.000," bebernya lagi.

Karena itu, baginya semua orang tanpa terkecuali penting menggunakan kebaya dan kain batik dalam kehidupan sehari-hari. Selain menjadi identitas negara, seseorang juga bisa membedakan fesyen negaranya dengan negara lain.

Baca Juga: Begini Cara Bayar SPayLater Sebelum Jatuh Tempo biar Enggak Kena Denda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News