CLOSE [X]
ads

Di Balik Kontroversi, Ini Dia Sebenarnya Manfaat Unitlink

Reporter: Ika Puspitasari, Francisca Bertha Vistika
Kamis, 12 Mei 2022 | 09:46 WIB
Di Balik Kontroversi, Ini Dia Sebenarnya Manfaat Unitlink

ILUSTRASI. Banyak orang yang tidak paham dengan menfaat unitlink, alhasil mereka merasa tidak cocok denganinvestasi sekaligus asuransi ini. Padahal sebenarnya unitlink punya manfaat besar bagi nasabahnya./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/02/2022


MOMSMONEY.ID -  Unitlink bukan saja sebagai bentuk investasi, tetapi juga menjadi proteksi bagi aset dan diri. 

Risza Bambang, perencana keuangan Oneshildt Financial Independence, berpendapat bahwa unitlink bukanlah produk yang salah. Namun, setiap produk punya plus minus

"Unitlink jangan dihindari, tetapi disesuaikan dengan  karakter orangnya," ujarnya.

Risza bilang, 'penyakit keuangan' di dunia ini cuma dua. Pertama, untuk melindungi atas aset, yaitu melindungi apa yang dihasilkan oleh seseorang. Di sini termasuk kendaraan atau rumah. 

Kedua, perlindungan pada penghasil pendapatan. Yakni, orang yang mencari penghasilan, termasuk tulang punggung keluarga.  Untuk itu ada proteksi untuk diri seperti asuransi jiwa dan kesehatan. 

Baca Juga: Unitlink Bukan Sesuatu yang Harus Dihindari. Simak Penjelasannya!

"Bila bisa kover keduanya,  lantas kenapa harus dihindari?" ujar Risza.

Menurut Risza, unitlink bisa memenuhi beberapa kebutuhan dalam satu produk. Sebutlah  orang yang punya penyakit bawaan dengan risiko kematian cukup tinggi, dia perlu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

Lantas, dia punya kebutuhan sekolah anak. Kemudian, mau menyiapkan dana pensiun. Lalu juga berencana membeli rumah lagi ketika nanti pensiun. Artinya, ada dua keperluan, dua asuransi, dan tiga keperluan investasi. Nah, dia bisa menggunakan unitlink untuk menjawab kelima kebutuhan  tadi. 

Unitlink pun menjawab kepraktisan. Terutama bagi mereka yang sibuk dan kurang pengetahuan soal investasi dan asuransi. "Kita sibuk kerja, ya, lebih baik cari yang seperti ini. Jangan malah nyari per produk lalu kejeblos dan uang jadi hilang," pesan Risxa.

Tapi, kembali lagi semua itu disesuaikan kebutuhan. Jangan termakan dengan rayuan  pihak yang menawarkan, karena mereka sifatnya cari untung. 

Misalnya, kalau kita butuhnya hanya asuransi jiwa untuk diri sendiri, ya, beli untuk diri sendiri. Tidak perlu tergoda beli asuransi jiwa pada unitlink untuk istri, padahal istri hanya ibu rumahtangga.
 Atau, ketika ditawari proteksi untuk penyakit yang sifatnya bawaan, tapi kita sebenarnya tidak ada riwayat penyakit itu. ya, untuk apa dibeli?   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru