HOME, AturUang

Daya Tarik Paylater, Lebih Praktis dari Kartu Kredit, Cermati Untung Ruginya

 Daya Tarik Paylater, Lebih Praktis dari Kartu Kredit, Cermati Untung Ruginya

MOMSMONEY.ID -  Saat ini, setiap belanja di marketplace, Moms akan menemukan banyak pilihan pembayaran. Salah satunya adalah paylater. Sesuai namanya, ini adalah pembayaran belakangan. 

Metode paylater ini, pada dasarnya sama dengan pembayaran kartu kredit. Hanya, Moms enggak perlu kartu kredit yang dikeluarkan bank. 

Tak sedikit orang yang sudah menggunakan paylater dalam kesehariannya.

PT FinAccel Teknologi Indonesia penyedia paylater bernama Kredivo mengklaim bahwa Kredivo adalah metode pembayaran kredit digital yang mematok suku bunga terendah di antara semua penyedia pinjaman digital yakni dengan bunga 2,6% per bulan.

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Hari Ini Lanjutkan Penguatan, Sabtu (17/7)

Untuk pembiayaan kredit instan dalam 30 hari, Kredivo tidak membebankan bunga pada penggunanya. Limit Kredivo pun cukup tinggi yakni Rp 30 juta, jika pengguna memenuhi syarat tertentu.

Indina Andamari, VP Marketing Communications Kredivo mengklaim bahwa Kredivo merupakan salah satu penyedia layanan paylater dengan jumlah merchant e- commerce terbanyak di Indonesia.

"Lebih dari 60% dari total pengguna mendapatkan akses kredit pertamanya melalui Kredivo," kata Indiana kepada Tabloid KONTAN.

Indiana menambahkan berbelanja menggunakan Kredivo, konsumen tidak perlu memasukkan credentials apapun, sehingga transaksi menjadi lebih aman. Hanya memerlukan dua klik untuk menyelesaikan transaksi. Sejauh ini, Kredivo mengklaim, memiliki lebih dari 2 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Selain Kredivo ada Akulaku. Menurut Efrinal Sinaga, Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indoenesia, Akulaku tersedia di berbagai marketplace seperti Shopee, Bukalapak, BliBli, dan JD.ID.

Keunggulan Akulaku adalah melakukan langkah mitigasi risiko serta menjaga keamanan proses verifikasi e-KYC. Proses permohonan plafon di awal yang terbilang ringkas dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1x24 jam.

Baca Juga: Rekomendasi Slow Cooker untuk menjaga Nutrisi Makanan Anak

"Plafon limit kredit yang diberikan kepada setiap pengguna Akulaku juga akan dievaluasi secara berkala seiring dengan tingkat penggunaan dan kualitas histori pembayaran angsuran, khususnya dalam hal ketepatan waktu pembayaran," kata Efrinal, seperti dikutip Tabloid KONTAN. Saat ini, pengguna akulaku sudah lebih dari 6 juta pengguna.

Selain untuk pembelanjaan di marketplace, ada pula penyedia kredit digital untuk pengguna transportasi online yakni GoPay PayLater. Winny Triswandhani, Head of Corporate Communications GoPay menjelaskan bahwa GoPay PayLater adalah metode pembayaran dari Gojek untuk memudahkan para pengguna bertransaksi di beragam layanan dalam aplikasi.

"Pengguna bebas bertransaksi kapan saja dan membayarnya cukup sekali di akhir bulan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo GoPay cukup satu kali untuk melunasi semua transaksi," kata Winny, kepada Tabloid KOTAN.

Fitur Gojek ini merupakan hasil kolaborasi bersama Findaya, perusahaan teknologi finansial (tekfin). Biaya langganan tidak berlaku jika GoPay PayLater tidak terpakai di bulan tersebut. Winny bilang, dengan PayLater, pengguna juga merekap riwayat transaksi Gojek selama sebulan.

Perkembangan jumlah pengguna layanan Gopay PayLater tumbuh cukup signifikan. Winny mengklaim bahwa sepanjang 2019 kenaikan pengguna fitur bayar belakangan ini mencapai 14 kali lipat dan jumlahnya terus bertambah.

Winny mengatakan Gopay PayLater tersedia untuk para pengguna terpilih yang merupakan pelanggan setia Gojek. Untuk dapat mengakses PayLater, pengguna harus upgrade akun ke GoPay Plus dengan cara selfie dan upload KTP.

"Saat ini, kami terus melayani pengguna, bahkan bagi mereka yang belum pernah memiliki riwayat kredit bank. Sebagai perkenalan, GoPay biasanya memberikan limit kecil untuk kemudian dievaluasi," kata Winny.

Selain semua layanan paylater di atas, Moms pasti juga tahu Shopeepaylater dan Traveloka Paylater. Silakan banding-bandingkan fitur pembayarannya dan tetap hemat dalam berbelanja, Moms. 

Selanjutnya: Mari Memilih Mesin Cuci yang Cocok Buat Kantong dan Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News