Keluarga

Daun Monstera Tidak Membelah? Tenang, Ini yang Harus Dilakukan

Daun Monstera Tidak Membelah? Tenang, Ini yang Harus Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Monstera dikenal karena daun membelah, besar, dan indah. Apa yang Anda lakukan ketika daun monstera tidak membelah?

Jangan khawatir, daun monstera tidak membelah merupakan salah satu pola pertumbuhan monstera. Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan mudah. 

Mengutip The Spruce, Monstera deliciosa adalah salah satu dari hampir 50 species dalam genus yang termasuk dalam famili Araceae

Spesies monstera populer lainnya termasuk Monstera adansonii, Monstera Peru, dan Monstera dubia.

Meskipun banyak spesies monstera, pada titik tertentu, akan mengalami perpecahan di daunnya yang disebut fenestrasi. 

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Tanaman Sukulen biar Berukuran Lebih Besar

Lalu, mengapa daun monstera membelah itu penting? 

Daun monstera membelah saat dewasa untuk memungkinkan cahaya masuk ke daun bagian bawah tanaman. 

Tanpa membelah, kebiasaan pertumbuhan monsteras yang memanjat akan menyebabkan daun bagian atas menaungi daun bagian bawah yang dapat memperlambat pertumbuhan dan berdampak pada kesehatan tanaman secara keseluruhan.

Monstera

Teori lainnya, daun monstera yang terbelah akan mencegah hujan mengumpul pada daun besar. Hal tersebut memungkinkan air mencapai akar di tanah dengan lebih mudah. 

Kemudian, kenapa daun monstera tidak terbelah?

Jika Anda sudah memiliki monstera selama beberapa waktu dan daun monstera tidak terbelah, mungkin ia tidak menerima cukup cahaya.

Monstera membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung dalam jumlah yang konsisten untuk menumbuhkan daun yang terbelah saat mereka dewasa.

Monstera yang tumbuh dalam kondisi cahaya rendah, daun monstera tidak akan terbelah. 

Baca Juga: Dianggap Datangkan Rezeki, Ini Jenis Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Cara terbaik untuk memastikan monstera Anda mengembangkan daun yang kuat dan sehat dengan banyak fenestrasi adalah dengan memberinya banyak cahaya terang dan tidak langsung.

Simpan tanaman Anda dalam pot dalam campuran pot yang mengalir dengan baik dan ingatlah untuk menyiraminya secara teratur. Dipupuk secara konsisten selama musim semi dan musim panas untuk mempertahankan kebiasaan pertumbuhan yang kuat.

Jangan lupa untuk memeriksa tanaman Anda untuk tanda-tanda hama atau penyakit secara teratur karena keduanya dapat menghambat pertumbuhan monstera yang sehat.

Baca Juga: Intip Jenis Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah, Nggak Bikin Rumah Kotor

Salah satu trik tambahan untuk mendorong monstera Anda agar tumbuh lebih besar dan daunnya lebih banyak adalah dengan menyediakan tiang lumut atau teralis untuk didaki.

Sementara tiang lumut tidak diperlukan untuk menanam tanaman ini di dalam ruangan, mereka meniru lingkungan tumbuh alami monstera dan akan menghasilkan dedaunan yang lebih besar dan lebih sehat.

Nah, itulah yang harus dilakukan ketika daun monstera tidak membelah. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News