Keluarga

Dari Brokoli Hingga Tempe, Sederet Makanan Ini Bisa Melawan Kanker Payudara

Dari Brokoli Hingga Tempe, Sederet Makanan Ini Bisa Melawan Kanker Payudara

MOMSMONEY.ID - Wanita maupun pria rawan terkena kanker payudara. Tapi dengan rutin mengonsumsi sederet jenis makanan ini, Anda bisa melawan sel-sel jahat kanker dari dalam tubuh.

Seseorang dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi daripada biasanya.

Untuk tahu apa saja makanan yang bantu melawan kanker payudara, simak artikel yang dilansir dari Lompoc Valley Medical Center dan Health Shots, berikut ini

Baca Juga: 4 Jenis Bra Ternyaman untuk Ibu Menyusui, Wajib Anda Miliki di Lemari!

Ikan berlemak

Ikan berlemak (fatty fish) memiliki kandungan lemak sehat dan antioksidan yang dapat melawan kanker payudara dan mengurangi peradangan yang terkait dengan kanker payudara.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan In Vivo mengatakan bahwa wanita yang makan ikan berlemak dalam jumlah tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi ikan berlemak.

Beberapa jenis ikan yang tergolong ke dalam fatty fish di antaranya: ikan teri, ikan haring, kembung, salmon, sarden, tuna, dan trout. Ikan berlemak ini paling baik dimasak dengan cara dipanggang atau diasap,

Baca Juga: Bikin Kembali Ceria, Ini 6 Minuman Mood Booster untuk Atasi Stres dan Perasaan Sedih

Sayuran crucifereous

Sayuran crucifereous juga merupakan salah satu jenis makanan yang bisa bantu melawan kanker payudara.

Menurut National Cancer Institute yang dilansir dari Lompoc Valley Medical Center sayuran crucifereous dapat mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menghancurkan sel kanker yang dapat kerbahaya bagi tubuh. Sayuran crucifereous juga dapat menonaktifkan zat karsinogen (zat penyebab kanker).

Yang tergolong ke dalam Sayuran crucifereous adalah: bok choy, brokoli, kubis, kol, sawi, lobak, dan selada air.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai

Produk kedelai

Produk kedelai (contoh: susu kedelai, tahu, dan tempe) tergolong ke dalam jenis makanan yang dapat melawan kanker payudara.

Berdasarkan studi yang dikutip dari Mayo Clinic, dikatakan bahwa diet yang kaya akan makanan kedelai lebih berpotensi mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

Ini karena kedelai mengandung isoflavon, protein, dan serat yang seluruhnya memberi dampak kesehatan yang baik bagi tubuh, terutama untuk melawan kanker payudara.

Baca Juga: Susah Hamil? Ternyata Ini 5 Jenis Makanan yang Menghambat Kesuburan

Makanan berserat

Makanan berserat dapat membantu Anda melawan sel kanker payudara.

Wanita yang mengonsumsi lebih banyak makanan berserat –baik sebelum maupun sesudah didiagnosis terkena kanker payudara– memiliki peluang lebih rendah untuk meninggal akibat kanker payudara.

sayur & buah mengandung serat tinggi

Baca Juga: Jenuh dan Stres? Ini 5 Tanda Moms Butuh Me Time untuk Kembalikan Energi yang Hilang

Beberapa sumber serat yang menyehatkan tubuh dan bantu melawan kanker payudara di antaranya ada alpukat, biji chia, sayuran, buah-buahan, gandum, kentang, biji bunga matahari, dan minuman prebiotik.

Sederet jenis makanan di atas dapat melawan kanker payudara. Mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk mencegah Anda dari sel kanker yang berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News