Santai

Darah Menstruasi Lagi Deras? Coba 4 Tips Ini untuk Mengatasinya

Darah Menstruasi Lagi Deras? Coba 4 Tips Ini untuk Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Darah menstruasi lagi deras-derasnya? Coba lakukan beberapa tips ini untuk bantu mengatasinya.

Masa menstruasi atau haid lekat dengan sakit perut seperti kram dan banyaknya volume darah yang keluar setiap bulan.

Volume darah yang tinggi biasanya terjadi di hari-hari awal menstruasi yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan was-was. Apalagi saat melakukan kegiatan aktif di luar rumah.

Tak perlu cemas lagi, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi menstruasi yang sedang deras-derasnya:

Baca Juga: Ini Daftar 4 Drakor Dibintangi Lee So E, Peserta Single's Inferno 2 Netflix

Jaga kebersihan area intim

Derasnya volume darah yang keluar saat menstruasi juga harus dibarengi dengan rajinnya mengganti pembalut, tampon, atau menstrual cup yang digunakan. Biasanya volume haid yang deras bisa memberi resiko bocor yang membuat tidak nyaman.

Maka dari itu sebaiknya ganti pembalut, tampon, atau menstrual cup yang digunakan selama 4-6 jam sekali. Bersihkan juga daerah intim dengan bersih dan menggunakan air saat mengganti produk kebersihan agar terhindar dari iritasi dan bakteri.

Konsumsi makanan tinggi zat besi

Melansir dari laman Medical News Today, derasnya volume darah yang keluar saat menstruasi bisa membuat darah merah menjadi berkurang dalam tubuh. Kurangnya asupan zat besi untuk sel darah bisa menyebabkan energi menjadi turun dan menjadi lemas.

Sehingga, mengonsumsi makanan tinggi zat besi bisa dijadikan pilihan untuk tetap menjaga energi dan produksi darah merah dalam tubuh. Selain itu, makanan atau suplemen zat besi bisa membantu agar terhindar dari anemia juga.

Baca Juga: 5 Manfaat Terong untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol

Hindari makanan berikut ini

Ada beberapa jenis makanan yang bisa memperburuk kondisi kram maupun derasnya volume darah saat menstruasi.

Laman Health Line menyarankan untuk menghindari beberapa makanan seperti garam, gula, alkohol, kopi, makanan pedas, dan daging merah yang terlalu banyak pada saat haid.

Makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, mual, pusing, hingga gangguan pencernaan yang memperparah kram menstruasi.

Konsumsi banyak air

Minum banyak air juga merupakan hal yang perlu dilakukan jika memiliki masa menstruasi yang deras. Meminum air putih dengan jumlah banyak bisa membantu untuk menjaga tubuh tetap ter-hidrasi.

Selain itu minum air putih bisa membantu mengurangi resiko dehidrasi, kram perut, pegal-pegal, dan juga kembung yang disebabkan karena menstruasi yang deras.

Mudah, kan? Cara untuk mengatasi volume darah menstruasi yang sedang deras-derasnya tersebut bisa dicoba, lo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News