Bugar

Dapatkan Kulit Sehat, Inilah 4 Urutan Skincare Malam yang Benar

Dapatkan Kulit Sehat, Inilah 4 Urutan Skincare Malam yang Benar

MOMSMONEY.ID - Tidak sulit, bisa dicoba empat urutan skincare malam yang benar ini. Sebelum tidur, tidak cukup hanya membersihkan wajah dengan sabun wajah saja tetapi ada beberapa urutan skincare yang harus Anda lakukan. 

Secara alami, regenerasi kulit terjadi di malam hari. Saat tidur, kulit bekerja keras membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada hari itu. Kemudian, kulit akan kehilangan kelembapannya di malam hari. 

Sehingga, pentingnya menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi di malam hari. Melansir dari jovee.id, berikut empat urutan skincare yang benar yang harus Anda lakukan : 

1. Membersihkan (Cleanse)

Pertama, urutan skincare malam yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah. Membersihkan wajah sangat penting karena setelah seharian beraktivitas, kulit wajah kita terpapar kotoran, polusi, dan residu skincare serta make up di siang hari. Oleh sebab itu, proses membersihkan wajah di malam hari ini harus dilakukan secara teliti.

Anda bisa menerapkan teknik double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan micellar water, face cleanser, atau cleanser balm untuk menghapus kotoran pada wajah.

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah mencuci wajah dengan facial wash lembut untuk memastikan kotoran pada wajah benar-benar bersih.

Satu hingga dua kali seminggu, Anda bisa memasukkan rutinitas eksfoliasi kulit wajah menggunakan face scrub lembut. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang berpotensi menyumbat pori-pori.

Dengan mengeksfoliasi kulit, maka wajah kamu akan terasa lebih lembut dan siap menerima rangkaian pemakaian skincare malam selanjutnya.

2. Menghidrasi (Hydrate)

Urutan skincare malam selanjutnya adalah menghidrasi wajah. Setelah kulit wajah benar-benar bersih, langkah selanjutnya adalah perawatan.

Anda bisa menggunakan toner untuk menyegarkan dan menenangkan kulit wajah sehabis dibersihkan. Tunggu hingga toner agak kering sebelum ditimpa dengan rangkaian skincare berikutnya.

Baca Juga: Promo Kredit BNI 13-16 Februari, Diskon Hotel & Tiket Pesawat PegiPegi Rp 140.000

3. Merawat ( Treat)

Berikutnya, Anda perlu menggunakan serum yang tepat untuk jenis kulit yang dibutuhkan. Biasanya serum mengandung bahan-bahan aktif yang terkonsentrasi untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Misalnya serum yang mengandung AHA dan BHA untuk membantu mengatasi kulit yang berjerawat, serum yang mengandung vitamin C untuk membantu mencerahkan wajah, serum yang mengandung retinol untuk anti penuaan.

4. Melembapkan (Moisturize)

Urutan skincare malam terakhir adalah melembapkan wajah. Tahapan ini jangan sampai kelewatan karena tahapan ini penting untuk mengunci manfaat serum yang sudah kamu aplikasikan sebelumnya.

Pelembap juga berfungsi untuk memberi kelembapan pada kulit agar kulit terasa kenyal dan sehat saat bangun di pagi hari.

Gunakan pelembap dengan takaran secukupnya. Sebaiknya pilih pelembap yang teksturnya rich untuk pelembap di malam hari, tetapi juga tidak lengket dan menyumbat pori-pori. Ini adalah saat yang tepat untuk melembapkan kulit Anda karena di malam hari kulit cenderung kering.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan pelembap favorit Anda dengan beberapa tetes face oil untuk hasil yang lebih maksimal. Untuk melengkapi rangkaian pemakaian skincare malam hari, Anda bisa menggunakan sheet mask.

Sheet mask ini digunakan setelah tahap cleanse. Pilih sheet mask yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Cukup gunakan selama 15-20 menit, kemudian tepuk-tepuk essence sheet mask lembut agar dapat meresap ke pori-pori kulit dengan baik.

Itulah empat urutan skincare malam yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan kulit wajah sehat dan lembab. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News