Bugar

Dapatkan Kulit Cerah & Glowing, Inilah 4 Manfaat Tomat untuk Wajah

Dapatkan Kulit Cerah & Glowing, Inilah 4 Manfaat Tomat untuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Tomat sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Pemakaian skincare berbahan tomat aman digunakan oleh semua jenis kulit karena bahannya yang ringan. Seringnya tomat dijadikan sebagai masker wajah. Jika Anda tertarik dengan buah yang satu ini, berikut manfaat tomat untuk wajah dilansir dari cnfstore.com, yaitu: 

1. Menghidrasi Kulit Wajah

Manfaat pertama tomat untuk wajah adalah mampu menghidrasi kulit wajah. Tomat bersifat sangat menyeimbangkan kelembapan yang dibutuhkan kulit. Terutama jika kulit Anda relatif kering, gunakan tomat sebagai minuman atau masker untuk menghidrasi dan kulit wajah bercahaya alami.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, yaitu campurkan tomat dan gel lidah buaya sebagai masker wajah untuk hasilnya kulit menjadi lembap.

2. Mengencangkan Pori-Pori Kulit

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya, yaitu dapat mengencangkan pori-pori kulit. Saat pori-pori besar dan terbuka, maka kotoran dan debu menempel pada kulit. Kemudian kotoran dan debu bercampur dengan minyak alami pada kulit yang memicu jerawat.

Kandungan yang dimiliki tomat bisa bekerja mengecilkan pori-pori dan tampilannya menjadi lebih halus. Cara membuatnya, siapkan satu sendok makan jus tomat dan beri dua hingga tiga tetes air lemon atau jeruk nipis segar.

Oleskan campuran tomat dan jeruk nipis secara merata ke wajah. Lalu, bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 15 menit.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh. Konsumsi Rutin!

3. Mencegah Munculnya Jerawat

Tomat juga bisa mencegah munculnya jerawat di wajah. Penyebab jerawat adalah kotoran, minyak, dan bakteri yang terjebak di kulit dan pori-pori. Oleh sebab itu, mencegah kemunculan jerawat bisa dengan mencoba mengaplikasikan tomat.

Bahan alami ini mengandung vitamin A, C, dan K, dan asam yang membantu menjaga tingkat pH kulit dan pembersihan mendalam. Memang mungkin tidak cukup mengandalkan tomat untuk mencegah kemunculan jerawat, namun setidaknya tomat dapat membantu mencegah kulit berjerawat.

Anda hanya perlu menambahkan sedikit tea tree oil ke tomat yang sudah dihaluskan. Gunakan seperti masker wajah secara merata. Diamkan dan bilas dengan air bersih. Ulangi masker tomat dua hingga tiga kali seminggu untuk merawat kulit berjerawat.

4. Mengatasi Sel Kulit Mati

Manfaat tomat terakhir untuk wajah adalah dapat mengatasi sel kulit mati. Tinggal di wilayah perkotaan, tentu paparan lingkungan yang tercemar akan membuat kulit menyerap banyak kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Membersihkan kotoran dan minyak yang menempel di wajah tentu tidak cukup dengan pembersihan biasa, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi kulit dengan benar. Tomat mengandung enzim yang menjadikannya bagus sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Tidak perlu khawatir jika jenis kulit Anda sensitif, karena tomat ringan di kulit. Caranya dengan mengoleskan tomat yang sudah dihaluskan langsung ke wajah dan bilas setelah beberapa saat untuk efek terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News