AturUang

Dapat THR Lebaran tapi Tidak Merayakan, Ini yang Harus Anda Lakukan

Dapat THR Lebaran tapi Tidak Merayakan, Ini yang Harus Anda Lakukan

MOMSMONEY.ID - Banyak perusahaan yang memberikan tunjangan hari raya (THR) serentak menjelang Lebaran. Padahal, belum tentu semua karyawan di perusahaan itu merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Michelle, salah satu karyawan yang mengalaminya. Ia bekerja di sebuah perusahaan food and beverage dan setiap tahun mendapatkan THR Lebaran. Padahal, Michelle merayakan Natal

Nah, jika Anda tidak merayakan Hari Raya Idul Fitri tetapi kebagian THR, Budi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt, berpesan, sebaiknya langsung menyisihkannya 70% untuk ditabung.

Baca Juga: Simak Tips Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadan dari Sequis Life Ini, yuk

"Jadi, jika merayakannya Natal, Nyepi, atau hari raya lain, langsung sisihkan 70% dan disimpan untuk nanti digunakan saat hari rayanya tiba," katanya.

Mike Rini Sutikno, perencana keuangan Mitra Keluarga Edukasi, justru menyarankan 100% dana THR bagi yang tidak merayakan Idul Fitri sebaiknya ditabung. Akan tetapi, peruntukannya berbeda-beda.

Misalnya saja, sekitar 50% disimpan dalam bentuk deposito dan dicairkan saat menjelang hari rayanya. Sisanya, 50% lagi ditabung untuk dana darurat.

Karena, kondisi seperti sekarang, saat mendapat penghasilan besar, seharusnya langsung disisihkan untuk dana darurat, Rini menjelaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News