HOME, AturUang

Dana Darurat dan Asuransi Kesehatan Saling Melengkapi, Ayo Evaluasi Keduanya!

Dana Darurat dan Asuransi Kesehatan Saling Melengkapi, Ayo Evaluasi Keduanya!

MOMSMONEY.ID -  Moms, menurut Anda mana yang lebih penting memperbesar dana darurat atau menambah asuransi kesehatan untuk jaga-jaga ketika terkena Covid-19?

Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi mengatakan, sebenarnya asuransi kesehatan dan dana darurat itu sifatnya tidak bisa menggantikan justru melengkapi.

"Tidak bisa mengandalkan dana darurat saja atau asuransi saja, karena dampak Covid bukan hanya pada kesehatan tetapi juga bisa ke keuangan, bisnis dan pekerjaan kita," kata Mike. 

Baca Juga: Ini Pentingnya Menyiapkan Dana Darurat untuk Keluarga

Mike menambahkan keduanya harus sama-sama dievaluasi. Dana darurat yang awalnya tiga bulan dari penghasilan dinaikan menjadi enam bulan dari penghasilan. 

Kemudian asuransi kesehatan juga. Jika sekaeang punya BPJS apakah bisa menanggung 100% biaya pengobatan Covid. Jika tidak, coba menambah asuransi kesehatan lainnya. 

Akan tetapi jika dana yang saat ini kita miliki minim, Mike bilang harus menentukan prioritas mana yang harus ditambah. Prioritasnya adalah dana darurat yang harus ditambah.

Pasalnya, asuransi tak dapat menanggung semua biaya. Ujung-ujungnya, kita tetap akan merogoh dana darurat untuk menutupi biaya pengobatan yang tidak tercover tersebut. 

"Tapi, tetap harus punya asuransi kesehatan. Karena kalau tidak punya biayanya akan lebih besar lagi," kata Mike. 

Jika ada asuransi yang menawarkan pertanggungan hingga isolasi mandiri, Mike bilang itu pilihan yang lebih bagus. Namun, Anda harus menyiapkan kocek lebih untuk bisa membelinya. Jadi sebaiknya, membeli asuransi tetap sesuaikan dengan budget Anda.

Selanjutnya: Harga Emas Pegadaian Hari Ini Bergerak Stagnan, Kamis (29/7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News