HOME, Keluarga

Daging Ayam Baik untuk Anjing, Tapi Jangan Mentah!

Daging Ayam Baik untuk Anjing, Tapi Jangan Mentah!

MOMSMONEY.ID - Anda tentu ingin anjing peliharaan mendapatkan nutrisi yang baik dari makanan yang dikonsumsinya. Oleh karena itu, menentukan apa yang dia makan sangat penting. Selain makanan komersial, Anda juga dapat memberikan makanan lain untuk dikombinasikan. Misalnya, daging ayam.

Daging ayam sangat baik untuk tubuh hewan anjing. Dilansir dari AKC, ini adalah sumber protein yang baik dan ayam yang dimasak dapat diganti atau ditambahkan ke makanan biasa. Anda dapat merebusnya dulu atau memanggangnya tanpa bumbu, lalu menyajikannya kepada anjing sebagai makanan campuran dengan bahan aman lainnya atau cemilan.

Beberapa pemilik memilih untuk memberikan daging ayam mentah kepada anjing karena dinilai lebih alami, lebih sehat daripada daging ayam yang dimasak. Ini boleh diberikan dan tidak selalu bermasalah karena anjing memiliki sistem pencernaan yang singkat.

Anjing juga memiliki asam lambung yang lebih asam, sehingga memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap bakteri. Namun, pemilik tetap mengambil risiko untuk memberikan daging ayam mentah.Risiko Memakan Daging Ayam Mentah Kepada Anjing

Dilansir dari The Spruce Pets, jika Anda memberi makan ayam mentah sebagai bagian dari makanan anjing, ada dua risiko utama.

Pertama, Infeksi Salmonella. Ini adalah penyebab keracunan makanan yang paling umum dan terdapat pada banyak makanan yang tidak dimasak atau kurang matang, termasuk ayam. Bakteri ini dapat ditemukan di usus atau kotoran hewan.

Jika bakteri ini masuk ke dalam system pencernaan, ini dapat menyebabkan muntah, diare, lesu, demam, dan kurang nafsu makan. Ini akan berakibat fatal, bila anjing memiliki kekebalan tubuh yang buruk.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Memberikan Buah Apel untuk Anjing Peliharaan

Kedua, Malnutrisi. Jika Anda memberi makanan ayam mentah secara eksklusif atau sebagian besar dari apa yang Anda berikan kepada anjing Anda, kekurangan gizi yang serius akan terjadi.

Ayam tidak menyimpan nutrisi lengkap yang dibutuhkan anjing. Jika tidak terpenuhi, akan menderita berbagai masalah termasuk patah tulang dan masalah organ. Anjing membutuhkan lebih dari sekadar ayam untuk menjadi sehat dan kuat.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memberikan Ayam Kepada Anjing

Ayam memiliki tulang dan jika Anda memberi makanan entah kepada anjing Anda, ada kemungkinan tulang yang lebih tinggi berada di potongan ayam itu. Tulang yang tertelan dapat menyebabkan penyumbatan di perut atau saluran usus, menusuk organ dalam anjing, tersangkut di tenggorokan, serta berpotensi mematahkan gigi.

Tulang ayam harus disingkirkan dari daging ayam sebelum Anda memberikannya kepada Anjing. Daging juga harus dicuci sampai bersih sebelum dimasak dan dihidangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News