Bugar

Daftar Obat Asam Urat di Apotik, Cara Meredakan Nyeri Sendi

Daftar Obat Asam Urat di Apotik, Cara Meredakan Nyeri Sendi

MOMSMONEY.ID - Ingin mengobati asam urat? Inilah daftar obat asam urat di apotek sebagai cara meredakan nyeri sendi yang sedang Anda alami.

Saat kambuh, serangan asam urat memang bisa membuat sendi yang terkena menjadi bengkak, lunak, memerah, serta terasa panas.

Kabar baiknya, penyakit asam urat bisa dikendalikan dengan obat-obatan. Beberapa obat ini bisa ditemukan dengan mudah di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Obat asam urat membantu mengatasi penyakit tersebut dalam dua cara: mengurangi rasa sakit selama serangan dan mengurangi penumpukan asam urat.

Menurut jurnal Journal of the American Academy of Physician Assistants, penyakit asam urat adalah kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan, pembengkakan, hingga rasa panas di area persendian.

Mengutip dari Medscape.com, penyakit asam urat ini lebih mudah menyerang pria yang berusia di atas 30 tahun dibanding wanita.

Masalah penyakit asam urat pada wanita biasanya terjadi ketika wanita itu telah mengalami menopause.

Ketika seseorang mengalami rasa sakit akibat asam urat, nyeri sendi asam urat bisa terjadi selama kurang lebih 3-10 hari. Sayang, orang seringkali salah kaprah menyebut penyakit asam urat dengan rematik.

Baca Juga: Waspadai! Ini 5 Penyebab Utama Lutut Sakit di Usia Muda

Penyebab asam urat

Sebelum membahas soal obat asam urat di apotek, ada baiknya lebih dulu mengetahui penyebab asam urat sehingga bisa mencegahnya kambuh dan tahu cara tepat mengatasinya.

Penyebab asam urat adalah munculnya penumpukan kristal asam urat pada sendi. Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan tubuh oleh ginjal. 

Namun, ada beberapa hal yang membuat penumpukan asam urat di dalam tubuh, seperti fungsi ginjal yang menurun ataupun mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin.

Kondisi ini disebut juga dengan arthritis gout, yakni peradangan sendi akibat penumpukan asam urat.

Melansir dari Healthline, beberapa ciri-ciri asam urat yang mungkin Anda rasakan, antara lain: 

  1. Nyeri sendi hebat, terutama pada area jempol kaki
  2. Bengkak di daerah sendi
  3. Rasa hangat di daerah sendi tanda adanya peradangan
  4. Gerakan terbatas

Pada kondisi yang cukup parah, penderita asam urat bisa kesulitan beraktivitas karena memicu sakit di berbagai bagian tubuh, seperti pergelangan kaki, lutut, jari tangan, jari kaki, dan telapak kaki.

Obat-obatan untuk mengatasi penyakit asam urat

Dialnsir dari beberapa sumber, berikut ini adalah obat asam urat di apotek yang mampu secara efektif mengatasi penyakit asam urat dan mencegah serangan terjadi di kemudian hari:

1. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

NSAID membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada persendian selama serangan asam urat.

Jenis NSAID yang umum digunakan adalah ibuprofen dan naproxen, namun ada juga jenis yang lebih kuat yang bisa Anda dapatkan dengan resep dokter, yaitu indomethacin atau celecoxib.

Bila Anda meminum NSAID dalam 24 jam pertama, obat penyakit asam urat ini bisa membantu mempersingkat serangan.

Dokter mungkin akan meresepkan dosis yang lebih tinggi untuk menghentikan serangan akut, diikuti dengan dosis harian yang lebih rendah untuk mencegah serangan di kemudian hari. 

Tapi, hati-hati, NSAID bisa menyebabkan efek samping, seperti sakit perut, perdarahan, dan tukak.

2. Kolkisin

Dokter mungkin juga merekomendasikan kolkisin (colchicine), yaitu sejenis pereda nyeri yang mampu secara efektif mengurangi nyeri asam urat.

Meski begitu, bila dikonsumsi dalam jumlah yang besar, obat penyakit asam urat ini bisa menimbulkan efek samping, seperti mual, muntah, dan diare.

Setelah serangan asam urat akut hilang, dokter akan meresepkan kolkisin dalam dosis rendah harian untuk mencegah serangan muncul di kemudian hari.

3. Kortikosteroid

Obat kortikosteroid, seperti prednisone, mampu mengontrol peradangan dan nyeri asam urat. Obat penyakit asam urat ini tersedia dalam bentuk pil, atau bisa disuntikkan ke dalam sendi.

Kortikosteroid biasanya hanya digunakan untuk orang dengan penyakit asam urat yang tidak bisa mengonsumsi NSAID atau kolkisin.

Efek samping yang bisa ditimbulkan kortikosteroid, antara lain perubahan suasana hati, peningkatan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Cara Mencegah Asam Urat Kambuh, Tidak Mengonsumsi 5 Buah Pantangan Asam Urat

4. Ibuprofen

Obat pereda nyeri golongan NSAID bisa dibeli bebas di apotek untuk nyeri akibat asam urat dan bisa dibeli tanpa resep dokter. 

Obat antinyeri golongan NSAID adalah salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sendi pada penderita asam urat. Ibuprofen adalah salah satu obat antinyeri yang bisa Anda gunakan.

Selain meredakan nyeri, obat golongan NSAID (OAINS) ini juga dapat membantu meringankan peradangan. Ibuprofen ini bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter di apotek.

Selain ibuprofen, beberapa obat golongan NSAID yang bisa diberikan untuk asam urat, antara lain diklofenak, indomethacin, celecoxib, dan naproxen sodium.

5. Allopurinol

Saat Anda memiliki kadar asam urat tinggi, dokter juga akan meresepkan obat untuk menurunkan kadar asam urat. Obat ini untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah adalah allopurinol.

Obat ini hanya bisa Anda dapatkan lewat resep dokter. Beri tahukan dokter jika Anda memiliki riwayat ataupun sedang memiliki gangguan ginjal.

Sebab, obat ini bisa memengaruhi kerja ginjal. Jadi, dokter nanti akan menyesuaikan dosisnya. Hentikan penggunaan obat ini bila Anda mengalami ruam atau demam, lalu segera hubungi dokter.

6. Probenecid

Probenecid adalah jenis obat asam urat yang bisa Anda beli di apotek dengan resep dokter. Cara kerja obat probenecid dengan membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui urine.

Bagi Anda yang mengonsumsinya, dianjurkan untuk minum setidaknya 2 liter air dalam sehari. Langkah ini akan mencegah terbentuknya endapan kristal asam urat. 

Sebelum menggunakan probenecid, beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah pada ginjal atau riwayat batu ginjal. Demikian pula bila Anda sedang minum aspirin maupun jenis obat-obatan lainnya. 

7. Febuxostat

Febuxostat adalah obat asam urat yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh. Obat ini juga kerap digunakan untuk mencegah serangan gout.

Obat ini digunakan oleh pasien dengan gangguan ginjal ringan hingga sedang. Namun, febuxostat tidak dianjurkan untuk diminum bersamaan dengan 6-mercaptopurine (6-MP) danazathioprine.

Ketika mengonsumsi febuxostat, efek samping yang bisa terjadi meliputi pusing, ruam, serta nyeri, kaku, atau bengkak pada sendi.

8. Steroid

Jika tidak bisa menerima obat asam urat di apotek seperti NSAID atau colchicine, biasanya dokter akan memberikan obat steroid untuk mengatasi asam urat yang Anda alami.

Steroid merupakan obat yang kuat untuk mengontrol peradangan serta rasa nyeri pada persendian yang parah.

Namun, obat ini umumnya diberikan saat seseorang mengalami serangan asam urat akut dan tidak boleh digunakan untuk jangka panjang.

Bentuknya bisa berupa pil atau tablet yang diminum dalam beberapa hari atau suntikan langsung ke area sendi yang terkena asam urat.

Baca Juga: Penyebab Benjolan di Ketiak & Penyakit yang Ditandai dengan Benjolan di Ketiak

Cara ampuh meredakan nyeri sendi

Asam urat bisa dibilang penyakit kambuhan dan datang tiba-tiba. Itu sebabnya, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mencegahnya.

Yang utama, Anda perlu menjaga asupan makanan dan minuman. Batasi konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, minuman beralkohol, bir, jeroan, dan makanan laut.

Makanan tersebut diketahui menjadi beberapa makanan penyebab asam urat.

Pastikan Anda mengonsumsi obat asam urat yang Anda beli di apotek sesuai anjuran dokter dan membaca petunjuk pemakaian.

Jangan menggantikan obat resep dengan pengobatan alami agar penyembuhan berjalan optimal.

Selain minum obat asam urat sesuai dengan anjuran dokter, ada pula beberapa bahan alami yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menurunkan kadar asam urat dan meredakan gejalanya.

Beberapa bahan alami ini bisa membantu asam urat dan meredakan nyeri sendi yang Anda alami, tapi tetap tidak dapat menggantikan pengobatan utama.

Beberapa obat asam urat alami  yang ampuh meredakan nyeri sendi yang bisa Anda coba, antara lain:

  1. Buah atau jus ceri
  2. Teh jahe
  3. Teh hibiskus
  4. Campuran air hangat dengan cuka apel, air lemon, dan kunyit
  5. Seledri, baik jus ataupun dimakan langsung
  6. Apel
  7. Pisang
  8. Garam epsom, karena tinggi magnesium

Konsultasikan ke dokter apabila obat yang Anda konsumsi tidak mempan mengurangi rasa nyeri. Dokter mungkin akan merekomendasikan obat lain atau menyesuaikan dosis. 

Itulah beberapa obat asam urat di apotek yang bisa Anda konsumsi yang ampuh meredakan nyeri sendi akibat asam urat yang Anda alami. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News