Bugar

Daftar Obat Alami Asam Urat, Cara Efektif Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Daftar Obat Alami Asam Urat, Cara Efektif Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

MOMSMONEY.ID - Ingin menyembuhkan asam urat secara alami? Daftar obat alami asam urat ini bisa Anda konsumsi sebagai cara efektif mencegah asam urat kambuh lagi.

Obat asam urat alami lebih sering dipilih banyak orang karena dinilai bisa membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping.

Meski begitu, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut dan butuh kesabaran dalam memperoleh hasilnya.

Asam urat terjadi akibat adanya penumpukan kristal asam urat yang tinggi dalam darah, sehingga menyebabkan peradangan yang disertai dengan rasa nyeri yang membuat tidak nyaman.

Nah, beberapa bahan alami memiliki kandungan yang bisa memberi dampak baik bagi pengidap asam urat. 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah daftar obat alami asam urat sebagai cara efektif mencegah asam urat kambuh lagi yang bisa Anda coba, antara lain: 

1. Pisang

Kandungan potasium atau kalium yang tinggi dalam pisang dapat mencairkan kristal asam urat yang mengendap di bawah kulit bagian persendian.

Cairan ini nantinya akan dikeluarkan tubuh melalui urin. Tak hanya itu, ternyata kandungan vitamin C pada pisang dapat mengurangi nyeri dan inflamasi ketika asam urat mulai menyerang.

Anda bebas mengonsumsi pisang sehari-hari sebagai sumber nutrisi dan untuk mengurangi gejala serta rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. 

Baca Juga: Waspadai! Ini 5 Penyebab Utama Lutut Sakit di Usia Muda

2. Ceri atau jus ceri asam

Menurut survei tahun 2016, berbagai jenis ceri, baik yang asam, manis, berwarna merah atau hitam merupakan obat asam urat alami yang sangat populer dan ampuh bagi banyak orang.

Beberapa studi pada tahun 2012 mengungkapkan, buah berukuran kecil ini bermanfaat untuk mencegah asam urat kambuh.

Anda bisa mengonsumsi ceri untuk mengatasi penyakit asam urat dengan cara dimakan langsung atau dihaluskan dengan air menjadi jus.

Suplemen yang terbuat dari ekstrak ceri juga sudah bisa ditemukan di beberapa toko kesehatan. Jumlah yang disarankan sekitar setengah cangkir dan 1 pon ceri per hari.

3. Daun salam

Meski terkenal sebagai bumbu dapur, daun salam juga memiliki manfaat sebagai obat herbal asam urat.

Daun salam mengandung senyawa flavonoid, tanin, astiri alkaloid yang memiliki fungsi meningkatkan fungsi ginjal, dan memperlancar serta menambah volume urin.

Karenanya, daun salam memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah meredakan nyeri akibat peradangan.

4. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang sering diresepkan untuk kondisi peradangan. Khasiatnya untuk membantu mengatasi penyakit asam urat juga sudah tercatat.

Sebuah studi menemukan jahe topikal bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat. Sementara studi lain menunjukkan bahwa tanaman ini bisa mengurangi kadar asam urat.

Bila Anda ingin mencoba obat asam urat alami ini, caranya rebus air yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut.

Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit. 

Baca Juga: Daftar Obat Asam Urat di Apotik, Cara Ampuh Meredakan Nyeri Sendi

5. Cuka apel

Cuka sari apel atau yang dikenal dengan nama apple cider vinegar ini dapat dijadikan sebagai obat alami untuk asam urat dan rematik.

Hal ini dikarenakan tingkat keasaman dari bahan herbal ini dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari inflamasi dan pembengkakan karena asam urat.

Untuk dosis konsumsi, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel dan segelas air hangat, lalu konsumsi setiap hari.

Anda juga bisa menambahkan madu sebagai penambah rasa dan fungsi anti inflamasi yang baik.

6. Nanas madu

Obat herbal asam urat lain yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah campuran dari Nanas dan madu.

Cara membuat obat asam urat alami dari nanas dan madu:

  • Blender daging buah nanas hingga halus
  • Campur nanas yang sudah di blender dengan jus cherry, jahe dan kunyit yang sudah dihaluskan sebanyak satu sendok makan.
  • Tambahkan madu secukupnya.
  • Minum jus nanas ini sebagai obat asam urat sekali hingga tiga kali dalam seminggu.

7. Seledri atau biji seledri

Seledri merupakan sayuran yang sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil.

Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran tersebut sudah menjadi obat asam urat alami yang populer. Diperkirakan seledri bisa mengurangi peradangan. 

Sayangnya, belum diketahui jumlah seledri yang cukup untuk mengobati asam urat. Cobalah perbanyak makan seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya.

Bila Anda membeli ekstrak atau suplemen seledri, ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan untuk mengonsumsinya.

Baca Juga: Gejala Asam Urat dan Kolesterol Tinggi pada Wanita

8. Daun sambiloto

Tanaman Sambiloto memang populer sebagai salah satu tanaman yang bisa dijadikan obat herbal tradisional.

Sambiloto memiliki zat aldehid, keton, alkane, flavanoid dan mineral penting lainnya yang baik untuk tubuh dan juga sebagai obat alami asam urat.

9. Vitamin C

Dalam sebuah penelitian, 184 orang  dibagi menjadi dua kelompok, kelompok yang mengonsumsi suplemen vitamin C (500 miligram per hari) dan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Setelah dua bulan, kadar asam urat pada mereka yang mengonsumsi vitamin C berkurang secara signifikan, tapi hal itu tidak terjadi pada orang yang mengonsumsi plasebo.

10. Teh hijau

Minuman yang tengah menjadi trend ini terkenal bermanfaat untuk menurunkan lemak dan kolesterol karena mengandung epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin E, hingga vitamin C.

Kandungan tersebut berkhasiat untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat serta bertindak sebagai antiinflamasi serta mencegah peradangan sendi.

Cara menjadikan teh hijau sebagai obat asam urat juga sangat sederhana. Cukup seduh teh hijau seperti biasa dan konsumsi satu hingga dua gelas setiap harinya.

 Anda bisa mencoba mengonsumsi salah satu dati daftar obat alami asam urat ini untuk membantu mencegah dan mengobati asam urat yang sedang Anda alami.

Jika ragu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Baca Juga: Penyebab Benjolan di Ketiak & Penyakit yang Ditandai dengan Benjolan di Ketiak

Cara efektif mencegah asam urat kambuh lagi

Selain itu, pencegahan asam urat juga bisa dilakukan dengan beberapa cara atau merubah kebiasaan hidup sehat untuk mengurangi risiko asam urat yang Anda alami kambuh lagi.

Dikutip dari beberapa sumber, untuk mencegah penyakit asam urat kambuh lagi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. 

Pada masyarakat awam, kondisi ini disebut juga encok. Oleh karena itu, kadar asam urat perlu dijaga di kisaran normal sebagai bentuk pencegahan penyakit asam urat. 

Bersumber dari Health Focus, inilah beberapa cara mencegah penyakit asam urat tidak kambuh lagi dengan melakukan beberapa cara berikut: 

1. Batasi makanan tinggi purin

Asupan tinggi purin merupakan salah satu penyebab asam urat. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga pola makan dan membatasi makanan tinggi purin untuk mencegah asam urat terjadi. 

Beberapa makanan tinggi purin di antaranya jeroan, makanan laut (seafood), daging merah, minuman beralkohol, makanan atau minuman mengandung pemanis, dan jenis makanan lainnya.  

2. Banyak minum air putih 

Selain air putih, minuman yang disarankan adalah minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral. Anda dapat minum delapan hingga 12 gelas sehari. 

Selain itu, wajib mengurangi konsumsi air alkali dan jangan minum air berbaking soda, karena dua jenis minuman ini mengandung banyak garam yang berbahaya bagi pengidap asam urat. 

Baca Juga: Daftar Obat Asam Urat di Apotik, Cara Ampuh Meredakan Nyeri Sendi

3. Rajin mengonsumsi ceri, seledri, dan stroberi

Tiga jenis makanan ini mengandung komponen yang efektif memerangi asam urat. Ketiganya mengandung antioksidan lengkap yang bisa melindungi persendian dari peradangan. 

Selain itu, biji seledri juga memiliki potensi untuk mengurangi penumpukan asam urat. 

4. Hindari cedera untuk pencegahan asam urat

Trauma atau cedera pada sendi dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat, terutama bagi yang sudah memiliki asam urat tinggi. 

Sebaiknya, menghindari cedera atau trauma sebagai bentuk pencegahan. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengenakan sepatu yang pas dan tepat sesuai ukuran kaki Anda. 

5. Minum susu dan jus jeruk

Susu terbukti mampu menurunkan kadar asam urat. Jika Anda potensial mengidap asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari. 

Satu gelas susu menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL, demikian pula dengan jus jeruk, walau susu lebih ampuh mencegah asam urat. 

Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan cek asam urat guna membantu mengontrol kadar uric acid Anda dan terhindar dari penyakit tersebut. 

Itulah daftar obat alami asam urat dan cara efektif mencegah asam urat kambuh lagi yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News