HOME, Keluarga

Daftar Makanan yang Berguna sebagai Anti-Aging dan Membantu Menciptakan Kulit Glowing

Daftar Makanan yang Berguna sebagai Anti-Aging dan Membantu Menciptakan Kulit Glowing

MOMSMONEY.ID - Penuaan menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering ditakutkan oleh banyak orang. Alhasil, tak sedikit orang yang berbondong-bondong untuk melakukan berbagai jenis perawatan demi menjaga kulit tetap terlihat muda.

Selain perawatan di klinik kecantikan atau penggunaan skincare, menciptakan kulit yang awet muda dan glowing juga harus diusahakan dengan rajin mengonsumsi makanan bernutrisi untuk merawat kulit dari dalam. Saat Anda berhasil menjaga pola makan yang sehat, itu akan terlihat dengan jelas dari kulit maupun rambut Anda.

Dilansir dari Doctor NDTV, inilah daftar makanan yang tidak boleh Anda lewatkan karena kandungan di dalamnya dapat bertindak sebagai anti-aging dan membantu menciptakan kulit glowing.

Baca Juga: Kenalan dengan Jenis-Jenis AHA ( Alpha Hydroxy Acids) pada Produk Skincare, Yuk!

1. Bayam

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Sarat dengan zat besi dan antioksidan, bayam dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai anti-aging untuk membantu menjaga kulit tetap kencang dan halus.

Anda dapat mengolah bayam menjadi sayur bening atau salad dan memasukkannya ke dalam menu harian Anda. Atau, Anda bisa menikmati bayam dalam bentuk jus yang menyegarkan.

2. Almond

Kacang almond

Dibandingkan kacang-kacangan lain, almond memiliki keunggulan dalam hal manfaat bagi kulit. Almond kaya akan vitamin E yang dapat menyehatkan kulit secara internal.

Untuk merasakan manfaatnya pada kulit, Anda dapat menjadikan almond sebagai camilan di antara waktu makan atau di luar waktu makan. Tak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa memanfaatkan almond yang sudah diolah menjadi minyak atau susu kemudian oleskan pada kulit dengan menggunakan telapak tangan atau kapas.

3. Pepaya

Pepaya

Pepaya tidak hanya memiliki rasa yang lezat namun juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Buah ini kaya akan potasium dan mampu menghidrasi kulit.

Kandungan lain dari pepaya adalah papain. Papain sendiri merupakan enzim yang bekerja sebagai eksfoliator kulit yang alami dan efektif.

Cara lain untuk memanfaatkan pepaya yang bisa Anda lakukan guna meningkatkan performa kulit adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu kemudian menjadikannya sebagai masker wajah. Dengan penggunaan masker pepaya secara teratur, itu dapat membantu mencerahkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan membantu peremajaan kulit.

4. Paprika merah

Paprika

Kaya akan vitamin C, paprika merah mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi.

Buah ini memiliki kemampuan untuk membantu memproduksi kolagen sehingga cocok Anda jadikan sebagai salah satu perawatan anti-aging dari dalam. Tak sampai di situ, paprika merah juga dapat membantu memberikan perlindungan pada kulit dari racun lingkungan.

Jadi, pertimbangkanlah untuk memasukkan paprika merah dengan lebih sering ke dalam masakan atau menu makan Anda mulai dari sekarang ya Moms.

5. Tomat

Tanaman Tomat

Tomat dianggap sebagai salah satu superfood anti-aging paling populer di dunia kecantikan. Hal ini tidak dapat dilepaskan dari peran lycopene yang ada di dalamnya. Adapun kandungan lycopene yang ada pada tomat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis.

Selain memakannya secara utuh, Anda juga dapat mengoleskan ampas tomat secara topikal ke wajah Anda untuk merasakan manfaatnya. Biarkan masker tomat menempel di wajah selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Sebisa mungkin, lakukanlah metode ini secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, demikian daftar makan yang dapat bertindak sebagai anti-aging dan membantu menciptakan kulit glowing. Moms, di antara kelima makanan di atas, adakah yang menjadi favorit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News