Keluarga

Daftar Makanan Penyebab Kulit Berminyak, Cek Makanan yang Bagus untuk Kulit Berminyak

Daftar Makanan Penyebab Kulit Berminyak, Cek Makanan yang Bagus untuk Kulit Berminyak

MOMSMONEY.ID - Simak daftar makanan penyebab kulit berminyak serta makanan yang bagus untuk kulit berminyak di sini.

Kulit berminyak dapat disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya makanan yang sering dikonsumsi.

Meskipun memiliki kulit berminyak merupakan hal yang normal, namun ada baiknya Anda memerhatikan betul diet harian Anda.

Anda pat t mengetahui apa saja makanan yang rentan meningkatkan produksi minyak dan bahkan menimbulkan jerawat.

Catat baik-baik, berikut daftar makanan penyebab kulit berminyak yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan jika tidak mau kulit menjadi berminyak atau semakin berminyak sebagaimana dilansir dari Byrdie:

Baca Juga: 5 Manfaat Akupuntur untuk Kecantikan Kulit Wajah, Bikin Wajah Kencang

1. Garam

Makanan penyebab kulit berminyak yang pertama adalah garam. Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi, retensi air, pembengkakan, dan kantung mata.

Garam juga dapat meningkatkan kadar minyak saat kulit mencoba melawan dehidrasi yang disebabkan oleh konsumsi garam secara berlebihan.

2. Daging merah

Makanan penyebab kulit berminyak yang kedua adalah daging merah. Daging merah seperti sosis, daging sapi, daging domba, dan bacon mengandung lemak jenuh yang tinggi serta bisa meningkatkan peradangan pada kulit.

Adapun peradangan kulit yang meningkat dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

Untuk solusi terbaik, gantilah sebagian asupan daging merah Anda dengan daging unggas atau ikan guna membantu mengurangi jumlah lemak yang dikonsumsi.

3. Gula

Makanan penyebab kulit berminyak yang ketiga adalah gula. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tinggi gula dapat meningkatkan produksi IGF-1 atau hormon peptida yang merangsang pertumbuhan.

Di sisi lain, hormon ini juga dapat menyebabkan produksi sebum atau minyak yang berlebihan.

Alih-alih ngemil makanan tinggi gula, alangkah baiknya Anda memperbanyak konsumsi buah-buahan segar jika menginginkan kulit yang bebas kilap.

Baca Juga: Tanda Anak Sensitif, Ini Cara Mendisiplinkan Anak Sensitif Ketika Melakukan Kesalahan

4. Karbohidrat olahan

Makanan penyebab kulit berminyak yang keempat adalah karbohidrat olahan. Makanan tinggi karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta putih, dan nasi putih juga dapat meningkatkan produksi IGF-1.

Saat Anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan, itu akan menjadi pukulan ganda dalam hal memicu produksi minyak yang tidak diinginkan kulit.

Sebagai gantinya, beralihlah ke gandum utuh yang telah terbukti sehat namun tetap mengenyangkan.

5. Alkohol

Makanan penyebab kulit berminyak yang kelima adalah alkohol. Sifat diuretik alami yang terkandung di dalam alkohol rentan menyebabkan kulit dehidrasi.

Saat mengalami dehidrasi, kulit akan menjadi kering dan memicu produksi minyak yang berlebihan.

Sebaiknya, kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan minum alkohol Anda mulai dari sekarang. Gantilah alkohol dengan minuman berbahan non-alkohol atau jus buah. Pastikan juga untuk menghidrasi tubuh sebelum dan sesudah minum alkohol jika Anda belum bisa melepas kebiasaan yang satu ini.

6. Gorengan

Makanan penyebab kulit berminyak yang keenam adalah gorengan. Gorengan mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang berpotensi menyebabkan peradangan pada kulit.

Untuk memperbaiki peradangan tersebut, kulit akan melakukannya dengan cara meningkatkan produksi minyak.

Apabila Anda tidak bisa lepas dari gorengan, Anda dapat mulai menggoreng berbagai makanan dengan pilihan minyak yang jauh lebih sehat seperti minyak alpukat atau minyak zaitun.

Baca Juga: 5 Tips Memakai Powder Foundation Agar Hasil Maksimal Tanpa Menyumbat Pori

Makanan yang bagus untuk kulit berminyak

Meskipun kelebihan minyak tidak dapat dihentikan sepenuhnya, namun permasalahan ini tetap bisa diminimalkan dengan memahami makanan apa saja yang harus dikonsumsi.

Dilansir dari BeBeautiful, inilah 7 makanan yang bagus untuk kulit berminyak karena bisa membantu mengontrol minyak berlebih:

1. Brokoli

Makanan untuk kulit berminyak yang pertama adalah brokoli. Brokoli mengandung vitamin A dan vitamin C yang mana kedua vitamin ini merupakan sahabat bagi kulit.

Di dalam brokoli, terdapat antioksidan yang mampu mencegah produksi minyak berlebih sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh para pemilik oily skin.

Meskipun begitu, jangan memakan brokoli dalam keadaan mentah ya Moms. Lebih baik, makanlah brokoli yang sudah direbus setengah matang atau dalam bentuk sup.

2. Gandum utuh

Makanan untuk kulit berminyak yang kedua adalah gandum utuh. Gandum utuh yang diproses secara minimal kaya akan serat dan mampu membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi gandum utuh, itu akan menjaga kesehatan kulit dan rambut supaya tetap berfungsi secara optimal.

Adapun kandungan serat dalam gandum utuh bisa membuat kulit terbebas dari minyak dan jerawat. Selain itu, konsumsi gandum utuh secara teratur juga dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh peradangan.

3. Mentimun

Makanan untuk kulit berminyak yang ketiga adalah mentimun. Terdiri dari 95% air, mentimun sangat bagus untuk menghidrasi dan membuang racun keluar dari tubuh Anda.

Tak sekadar itu, mentimun juga berguna untuk membantu membersihkan kulit, menghilangkan kotoran, dan mencegah akumulasi minyak wajah penyebab jerawat.

Sifat antioksidan yang ada di dalam mentimun sangat baik bagi kulit dan mampu menawarkan efek menenangkan. Jadi, jangan malas untuk makan mentimun, ya, Moms.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Akun WhatsApp Diblokir Sementara, Ini Tanda Anda Diblokir

4. Dark chocolate

Makanan untuk kulit berminyak yang keempat adalah dark chocolate. Tak hanya lezat, dark chocolate juga bisa membantu Anda melawan kulit berminyak dan berbagai permasalahan yang mengiringinya.

Berkat kandungan flavonoid yang ada di dalamnya, dark chocolate mampu membantu mencegah peradangan jerawat dengan cara mengontrol produksi minyak pada kulit. Di dalam dark chocolate, ada juga antioksidan yang kuat untuk menjaga kulit tetap halus dan bercahaya.

Namun, perlu diingat untuk mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah sedang saja alih-alih berlebihan, ya, Moms.

5. Pisang

Makanan untuk kulit berminyak yang kelima adalah pisang. Pisang merupakan salah satu superfood yang baik untuk dikonsumsi oleh para pemilik kulit berminyak.

Selain kaya akan vitamin E yang dapat menjadikan kulit bercahaya, pisang juga sarat akan potassium, fosfor, dan magnesium yang berguna untuk mengontrol produksi sebum berlebih.

Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk makan pisang setiap hari guna merawat kulit Anda yang berminyak.

6. Lemon

Makanan untuk kulit berminyak yang keenam adalah lemon. Bercita rasa kecut nan menyegarkan, lemon termasuk makanan utama untuk kulit berminyak karena buah ini memiliki kecenderungan menyerap minyak yang berlebihan.

Selain itu, lemon juga dapat menghilangkan racun dari kulit serta memberikan tekstur yang bagus.

Untuk mendapatkan khasiat lemon, Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung pada kulit yang rentan berjerawat selain dimakan atau diminum.

7. Kacang-kacangan

Makanan untuk kulit berminyak yang ketujuh adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan menawarkan beragam manfaat kesehatan tidak terkecuali untuk kesehatan kulit.

Direkomendasikan untuk kulit berminyak, kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang efektif untuk menyembuhkan masalah kulit berminyak.

Yang tidak kalah penting, kacang-kacangan juga bisa mengisi tubuh dengan vitamin dan mineral sehingga akan menjaga tubuh dan kulit Anda tetap sehat.

Itulah daftar makanan penyebab kulit berminyak serta makanan yang bagus untuk kulit berminyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News