Bugar

Daftar Buah untuk Menjaga Kesehatan Kulit, dari Jambu Biji hingga Pisang

Daftar Buah untuk Menjaga Kesehatan Kulit, dari Jambu Biji hingga Pisang

MOMSMONEY.ID - Daftar buah untuk menjaga kesehatan kulit yang bisa Anda konsumsi secara rutin sangat beragam.

Selain melakukan perawatan dari luar, Anda juga harus menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama buah.

Ternyata, banyak sekali kandungan nutrisi baik untuk menjaga kesehatan kulit yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah tertentu secara rutin. 

Melansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah daftar buah untuk menjaga kesehatan kulit yang bisa Anda konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: 5 Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Anak, Moms Wajib Tahu!

1. Alpukat

Buah untuk menjaga kesehatan kulit yang pertama adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa membuat kulit elastis dan tetap lembap.

Alpukat juga menjadi sumber vitamin E yang baik. Manfaat vitamin E berperan menjadi molekul antioksidan yang membantu kulit terlindungi dari radikal bebas.

2. Jeruk

Buah untuk menjaga kesehatan kulit yang kedua adalah jeruk. Jika memiliki masalah kulit kusam dan komedo, Anda bisa mengatasinya dengan jeruk.

Jus jeruk dapat meringankan warna kulit, mengurangi noda, dan mengobati jerawat. Selain itu, mengonsumsi jeruk secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya.  

Baca Juga: Wow! Manfaat Buah Apel Ternyata Cocok untuk 5 Penyakit Ini

3. Semangka

Buah untuk menjaga kesehatan kulit yang ketiga adalah semangka. Buah semangka ini bukan hanya menyegarkan tenggorokan, tapi juga kulit.

Semangka mengandung zat yang secara alami dapat mengencangkan kulit. Selain itu, buah semangka dapat merevitalisasi kulit kusam menjadi lebih cerah.  

4. Jambu biji

Buah untuk menjaga kesehatan kulit yang selanjutnya adalah jambu biji. Jambu biji menjadi sumber buah-buahan yang mengandung vitamin C. 

Selain itu, jambu biji juga memiliki sedikit kandungan zinc, yakni salah satu faktor yang mampu memproduksi kolagen.

Baca Juga: 5 Manfaat Kelor untuk Kecantikan, Cari Tahu Yuk

5. Pisang

Buah untuk menjaga kesehatan kulit yang terakhir adalah pisang. Pisang memiliki manfaat berkat kandungan asam amino yang dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Buah pisang mengandung seng dan kalium. Seng bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium untuk menghidrasi kulit.

Jangan buang kulit pisang, karena bagian dalam kulit pisang jika digosokan pada wajah bermanfaat untuk kecerahan kulit.  

Itulah daftar buah untuk menjaga kesehatan kulit yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News