Hemat

Daftar Buah untuk Membantu Menurunkan Kolesterol, Konsumsi Secara Rutin

Daftar Buah untuk Membantu Menurunkan Kolesterol, Konsumsi Secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Daftar buah untuk membantu menurunkan kolesterol sangat beragam. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol, terutama mengatur pola makan.

Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui daftar makanan penurun kolesterol yang patut dicoba. Selain itu, tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat.

Hanya saja, kolesterol yang tinggi justru bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman penurun kolesterol.

Dilansir dari Everyday Health, inilah daftar buah untuk membantu menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: 4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Pisang

Kandungan zat inulin pada pisang berguna untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini membantu Anda untuk mengendalikan kadar kolesterol.

Delima

Buah delima ternyata juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Khususnya, berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri. 

Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu kolesterol jahat atau yang lebih dikenal LDL dan kolesterol baik dengan nama HDL. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Inilah 5 Bahaya Terlalu Sering Makan Mi Instan

Tomat

Meskipun tergolong ke dalam buah-buahan, mengonsumsi tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda dapat membuat jus tomat yang enak dan minumlah dua gelas jus tomat setiap hari. 

Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mempertahankannya dalam batas normal, agar Anda terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.

Itulah daftar buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News