Santai

Daftar 6 Wisata Museum di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Daftar 6 Wisata Museum di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

MOMSMONEY.ID - Wisata museum kini menjadi salah satu wisata yang banyak diminati generasi masa kini.

Banyak museum seni maupun jenis museum seni lainnya yang mendapatkan banyak pengunjung karena ketertarikan generasi masa kini pada barang-barang unik dan antik.

Bagi yang menikmati wisata museum, berikut ini ada beberapa daftar museum di Indonesia yang bisa dikunjungi.

Baca Juga: Simak 4 Tips Merawat Hair Extension agar Awet dan Tahan Lama!

Museum Nasional Indonesia

Museum yang berlokasi di Jakarta ini merupakan museum yang menyimpan barang-barang antik peninggalan sejarah. Museum ini juga akrab dikenal sebagai Museum Gajah karena memiliki patung gajah di dalamnya sebagai simbol. Banyak artefak kuno, keramik, bebatuan, dan arca bersejarah yang bisa dilihat ketika mengunjungi museum ini.

Museum Ullen Sentalu

Museum selanjutnya berlokasi di dataran tinggi Kaliurang di Yogyakarta. Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang kini tengah mendapatkan antusias tinggi dan viral di Tiktok. Museum ini banyak menampilkan tentang peninggalan sejarah kuno dari keraton-keraton lama di Yogyakarta, Pakualam, Surakarta, dan Mangkunegaran.

Menariknya selama tur berlangsung, para pengunjung dilaran untuk mengambil foto dari barang-barang bersejarah tersebut. Nantinya akan ada spot foto khusus yang bisa digunakan untuk berfoto di akhir tur.

Museum Macan

Pecinta seni modern dan kontemporer tentu harus mengunjungi Museum Macam yang berlokasi di Jakarta ini. Museum Macan adalah museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan luar negeri. Banyak koleksi seni yang menarik untuk dilihat serta tak ketinggalan untuk mengabadikan momen bersama dengan koleksi seni tersebut.

Baca Juga: 6 Ide Kado Self Care Untuk Sahabat Maupun Diri Sendiri! Cek Di Sini Ya!

Museum Angkut

Museum selanjutnya adalah museum yang berlokasi di Batu, Jawa Timur. Museum ini secara khusus menampilkan banyak koleksi moda transportasi yang ada di Indonesia dan luar negeri dari waktu ke waktu. Dari mulai transportasi lawas hingga modern, semuanya bisa ditemukan saat berkunjung ke Museum Angkut. Ada juga banyak spot foto unik yang bisa digunakan untuk berfoto ria saat mengunjungi museum ini.

Museum Affandi

Bagi para pecinta seni lukis, tentu wajib mengunjungi salah satu museum seni Affandi yang berlokasi di Yogyakarta ini. Museum Affandi merupakan museum yang menampilkan koleksi lukisan pelukis maestro Indonesia, Affandi. Dalam lingkungan museum tersebut juga ditemukan sanggar dan juga rumah dari pelukis Affandi. Pecinta seni tentu akan menyukai berkunjung ke Museum Affandi, terutama ketika mengetahui sejarah lukisan dari pelukis maestro Indonesia ini.

The Blanco Renaissance Museum

Tak hanya Museum Affandi yang menampilkan karya seni dari pelukis Indonesia. The Blanco Renaissance Museum yang berlokasi di Ubud, Bali ini juga menampilkan karya seni pelukis Antonio Blanco. Ia merupakan orang asing yang memiliki kecintaan dengan Indonesia dan memutuskan untuk tinggal dan berkarya di Bali.

Museum tersebut juga memiliki konsep serupa dengan Museum Affandi, di mana studio dan rumah tinggal dari keluarga Antonio Blanco bisa ditemukan di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News