HOME, Santai

Daftar 5 Bumbu Dasar Dapur Yang Bisa Bikin Masak Jadi Lebih Mudah!

Daftar 5 Bumbu Dasar Dapur Yang Bisa Bikin Masak Jadi Lebih Mudah!

MOMSMONEY.ID - Bumbu dapur merupakan hal penting yang perlu disiapkan sebelum memasak. Biasanya membutuhkan waktu lama untuk menyiapkan bumbu-bumbu dapur yang akan diolah menjadi makanan.

Beberapa tips menyimpan bumbu masak dapat digunakan untuk menyingkat waktu memasak terutama di masa puasa seperti ini.

Baca Juga: Kulit Glowing! 7 Langkah Detoks Wajah yang Bisa Anda Lakukan

Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan bumbu dasar siap pakai yang dapat menyingkat waktu masak di masa puasa ini yang telah dirangkum oleh Momsmoney.

Bawang merah

Bawang merah yang telah dipotong tipis dapat disimpan dengan mudah sebagai stock bumbu dapur. Cukup campurkan bawang merah pada toples atau wadah dan rendam dengan minyak. Maka bumbu dasar oseng dengan menggunakan bawang merah dapat langsung digunakan saat ingin memasak.

Bawang putih

Bawang putih iris juga tentunya diperlukan untuk memasak makanan. Biasanya bahan bawang putih iris ini pun juga dijadikan salah satu bumbu dasar untuk masakan oseng atau tumis. Caranya menyimpan bumbu bawang putih iris ini juga mudah, iris bawang putih tipis secukupnya dan kemudian rendam dengan minyak pada wadah tertutup. Maka bumbu ini dapat awet hingga lebih dari satu bulan.

Baca Juga: Ini 4 Cara Menjaga Pola Makan Sehat Agar Kulit Sehat dan Glowing

Cabai

Cabai masuk dalam daftar bumbu dapur yang juga sering dijadikan bahan masak. Baik dalam tumisan, oseng, maupun sup, cabai juga diperlukan untuk menambah rasa pedas. Cara menyimpan stock cabai yang mudah adalah dengan mengirisnya menjadi potongan tipis, tumis, dan kemudian  campurkan dengan minyak. Sebagai tips tambahan, campurkan langsung cabai rawit dan cabai merah dalam campuran ini untuk lebih menyingkat waktu masak.

Minyak bawang putih

Untuk membuat stok minyak bawang putih, cukup cincang bawang putih menjadi ukuran cincang secukupnya. Lalu simpan cincangan bawang putih tersebut dengan rendaman minyak dalam wadah tertutup. Maka bahan dasar tumisan, membuat cah, dan menu lainnya sudah dapat digunakan dengan mudah.

Bawang bombay

Bawang Bombay yang biasa digunakan sebagai bahan utama membuat pasta dan tumisan lainnya juga bisa disimpan dan di stok dalam lemari pendingin. Cukup cincang bawang bombay bersama dengan bawang putih. Kemudian simpan kedua campuran bawang tersebut dalam toples dan siram dengan minyak. Simpan dalam kulkas dan gunakan saat ingin memasak makanan favorit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News