HOME, Keluarga

Cuma Mitos! Makanan Minuman Ini Tak Terbukti dapat Mencegah dan Menyembuhkan Covid-19

Cuma Mitos! Makanan Minuman Ini Tak Terbukti dapat Mencegah dan Menyembuhkan Covid-19

MOMSMONEY.ID - Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan besar dalam kehidupan umat manusia di muka bumi. Tak hanya mobilitas yang menjadi serba terbatas, Covid-19 juga berhasil menghancurkan perekonomian di banyak negara.

Seiring maraknya kabar tentang Covid-19 yang beredar di media, banyak pula hal-hal berkaitan dengan pandemi yang ternyata tidak terbukti kebenarannya. Salah satu hal tentang Covid-19 yang tidak lebih dari sebuah mitos adalah makanan dan minuman yang diklaim dapat mencegah dan menyembuhkan Covid-19.

Supaya tidak salah kaprah, berikut MomsMoney cantumkan beberapa makanan dan minuman yang masuk dalam kategori mitos Covid-19.

Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

1. Teh Herbal

Banyak yang mengklaim teh herbal ampuh untuk mencegah dan menyembuhkan virus Covid-19. Padahal, tidak ada satu pun bukti yang menunjukkan penggunaan teh herbal bisa mencegah maupun menyembuhkan Covid-19.

Meskipun begitu, teh herbal bisa dijadikan sebagai alternatif minuman sehat karena kandungan kafeinnya yang rendah dibandingkan teh non-herbal.

2. Probiotik

Probiotik diklaim mampu mencegah Covid-19. Faktanya, belum ada bukti yang mendukung hal tersebut. Oleh sebab itu, mengonsumsi probiotik dapat mencegah Covid-19 tak lebih dari sebuah mitos.

Probiotik sendiri biasa ditemukan dalam produk yogurt dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Jahe

Jahe (Zingiber officinale) merupakan tanaman rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan masakan dan bahan baku pengobatan tradisional. Melansir Hello Sehat, jahe bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit, mencegah kanker, anti-peradangan, serta membantu menurunkan berat badan.

Namun, tidak ada bukti yang menyatakan bahwa memakan jahe dapat melindungi seseorang dari virus Covid-19.

Baca Juga: Konsumsi Rempah Ini untuk Redakan Masalah Perut Anda

4. Bawang Putih

Sampai saat ini, memakan bawang putih belum terbukti dapat mencegah Covid-19.

Walaupun demikian, bawang putih (Allium sativum) dapat berperan sebagai antibiotik alami bagi tubuh manusia. Bawang putih juga biasa dijadikan sebagai penyedap dan penambah aroma pada masakan.

5. Racikan Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, Garam, dan Madu

Campuran air kelapa muda, jeruk nipis, garam, dan madu mungkin akan menjadi sebuah minuman yang menyegarkan. Tak hanya segar, minuman ini juga dipercaya dapat membunuh virus Covid-19. Padahal, hal tersebut merupakan mitos belaka lantaran belum adanya bukti medis yang mendukung.

Bukannya bermanfaat menyingkirkan Covid-19, racikan air kelapa muda, jeruk nipis, garam, dan madu justru bisa menimbulkan efek samping bagi orang-orang yang memiliki masalah lambung.

6. Campuran Air Panas dan Lemon

Mitos selanjutnya adalah campuran air panas dan lemon yang diyakini bisa membunuh virus penyebab Covid-19. Lagi-lagi, tidak ada bukti penelitian yang mengungkapkan bahwa minuman dengan cita rasa kecut ini dapat mengobati seseorang dari Covid-19.

Meski tak terbukti bisa melenyapkan Covid-19, namun dikutip dari SehatQ meminum air lemon hangat bermanfaat untuk memberikan hidrasi, memperkuat sistem imun, membantu menurunkan berat badan, mempercantik kulit, dan mencegah batu ginjal.

7. Minuman Panas

Sebagian orang percaya bahwa mengonsumsi minuman panas sembari menghirup uapnya dapat membunuh Covid-19. Tapi, tidak ada hasil penelitian yang membenarkan hal tersebut.

Dilansir dari covid19.go.id, WHO melalui situs resminya telah menegaskan jika tidak ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa meminum minuman panas dan menghirup uap panas dapat membunuh virus Corona.

Lebih lanjut, sekelompok peneliti dari Universitas St. Thomas, Minnesota, Amerika Serikat menyatakan bahwa meskipun temperatur tinggi dapat melemahkan partikel virus Corona yang ada di permukaan suatu benda, metode tersebut tidak dapat memberikan hasil yang efektif ketika virus Corona telah masuk ke dalam tubuh manusia.

Moms, di antara makanan dan minuman yang sudah disebutkan, apakah ada yang Moms percayai dapat mencegah dan menyembuhkan Covid-19? Jika ada, sudahi sekarang ya Moms. Konsumsilah makanan dan minuman tersebut karena manfaat sesungguhnya bukan karena mitos yang beredar.

Selanjutnya: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Kafein?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News