Cukup Mengganggu, Ketahui 3 Penyebab Muncul Jerawat di Alis

Reporter: Rizka Noveliana
Senin, 18 Oktober 2021 | 16:29 WIB
Cukup Mengganggu, Ketahui 3 Penyebab Muncul Jerawat di Alis

ILUSTRASI. Cukup Mengganggu, Ketahui 3 Penyebab Muncul Jerawat di Alis

MOMSMONEY.ID - Munculnya jerawat bisa tiba-tiba dan dimana saja seperti di pipi, hidung, alis dan lain-lain. Pada jerawat di alis, jerawat ini cukup menggangu penampilan wajah Anda. Walaupun kadang tertutup dengan alis Anda, namun tetap saja hal tersebut tidak nyaman.

Jika Anda sering mengalami masalah ini, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya jerawat di alis. Melansir dari evamuliaclinic.com, ada tiga penyebab muncul jerawat di alis. Yuk, cari tahu penyebabnya di sini. 

1. Alergi Produk Kosmetik

Penyebab jerawat di alis pertama adalah penggunaan produk kosmetik. Tidak semua produk kosmetik cocok dengan jenis kulit Anda, karena setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda. Akibatnya, penggunaan produk yang tidak tepat bisa memunculkan jerawat di area alis. 

Seseorang yang mulai mengalami dampak negatif karena alergi terhadap suatu produk kosmetik harus segera ditangani. Tindakan awal yang harus dilakukan adalah dengan cara menghentikan untuk tidak menggunakan produk kosmetik tersebut.

Setelah itu, mulailah melakukan pengobatan untuk penyembuhkan jerawat, baik dengan menggunakan bahan alami ataupun menggunakan obat jerawat. Anda juga perlu melakukan tes saat akan mencoba produk tersebut di lengan tangan. Sehingga, bisa meminimalkan munculnya jerawat di alis. 

Baca Juga: Waspada! Inilah 4 Bahaya Paraben untuk Tubuh di Dalam Produk Skincare

2. Keringat

Selanjutnya, keringat juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di alis. Keringat bisa muncul dimana saja, bahkan di alis sekalipun. Ketika keringat tersebut sudah banyak dan sering terjadi di area yang sama, kemudian menyebabkan kulit menjadi lembab. Hal tersebut menjadi tempat bakteri penyebab jerawat mulai muncul.

Jika bakteri tersebut tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan muncul jerawat di alis. Terlebih lagi jika tanda-tanda alis sudah akan memiliki jerawat namun tetap dibiarkan. Inilah yang kemudian memicu timbulnya jerawat tersebut semakin besar dan tidak menutup kemungkinan jika bisa timbul kembali di area dekat alis atau bagian wajah yang lain.

3. Sering Menggaruk Alis

Penyebab muncul jerawat di alis lainnya adalah menggaruk alis secara terus menerus. Menggaruk alis memang tidak akan menimbulkan masalah, namun Anda perlu memastikan kondisi kulit terlebih dahulu dan tangan yang digunakan sudah bersih atau tidak. 

Yang menjadi masalah adalah saat Anda menggaruk alis dalam keadaan tangan kotor. Maka akan menyababkan permasalahan kulit seperti timbulnya jerawat.

Oleh sebab itu, pastikan kondisi tangan dan kulit kepala juga bersih, serta tidak berkeringat. Setelah itu, barulah Anda boleh menggaruknya dan itupun tidak boleh terlalu keras sampai meninggalkan bekas luka.

Selanjutnya: 6 Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Wajah, Sudah Tahu?

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru