HOME, Keluarga

Cuka Bisa Digunakan untuk Membersihkan Benda Ini, Coba Yuk!

Cuka Bisa Digunakan untuk Membersihkan Benda Ini, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Cuka adalah salah satu bahan dapur yang tergolong sangat versatile alias serbaguna.

Pasalnya, cuka tidak hanya berfungsi sebagai bahan masakan. Namun, cuka juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga lainnya, misalnya membersihkan rumah.

Dikutip dari Healthline, cuka terbuat dari bahan kimia bernama acetic acid atau asam asetat yang ampuh untuk melarutkan minyak dan kotoran, bahkan membunuh bakteri.

Baca Juga: Berisiko, Ini 4 Kesalahan Saat Menggunakan Pemutih Pakaian

Oleh karena itu, cuka kerap digunakan sebagai bahan untuk produk kebersihan dan disinfektan dan banyak dipakai sebagai bahan untuk homemade cleaner.

Nah, kira-kira benda apa saja di rumah yang bisa dibersihkan dengan cuka? Berikut penjelasannya, seperti yang dirangkum dari Homes and Gardens dan Bon Appétit.

Kaca

Permukaan jendela dan meja kaca kadang terlihat kotor karena bekas air, debu, dan sisa-sisa makanan. Jika Anda tidak punya produk pembersih khusus kaca, coba gunakan cuka sebagai penggantinya.

Caranya, campurkan cuka dan air bersih dengan perbandingan 2:1, lalu masukkan ke botol semprot dan semprotkan campuran tersebut ke permukaan kaca yang akan dibersihkan. Selanjutnya, lap dengan kain atau gunakan wiper untuk membersihkan permukaan tersebut.

Keran air dan wastafel

Keran air dan wastafel kerap mengalami penumpukan mineral dan bekas air di permukaannya, sehingga terlihat kotor dan kurang mulus.

Untuk membersihkan keran air dengan cuka, campurkan cuka dan garam dengan perbandingan 2:1, lalu gosokkan pada permukaan keran yang terlihat kotor, lalu bilas. Sementara itu, untuk wastafel, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1, lalu semprotkan pada permukaan wastafel dan bilas dengan air sabun.

Baca Juga: Kloset Duduk vs Kloset Jongkok, Mana yang Sebaiknya Digunakan?

Shower dan bathtub

Sama seperti keran air, bagian kepala pada shower atau pancuran kamar mandi kadang terlihat kotor karena mengalami penumpukan mineral dan bekas air. Tak hanya shower, bathtub alias bak mandi juga bisa dibersihkan dengan cuka.

Untuk shower, tuang cuka ke dalam kantong plastik, lalu ikatkan ke sekeliling kepala shower dengan karet gelang (pastikan kepala shower terendam sepenuhnya) dan diamkan semalaman sebelum dibilas. Sementara itu, campurkan cuka dengan air bersih dengan perbandingan yang sama, lalu semprotkan dan gosokkan pada permukaan bathtub.

Baca Juga: Lantai Masih Terasa Kotor Setelah Dipel? Mungkin Ini Penyebabnya

Kloset

Kloset yang kotor dan berbau tak hanya kurang enak dipandang, tapi juga bisa menjadi sumber penyebaran penyakit.

Untuk membersihkan kloset dengan cuka, tuang satu cangkir cuka ke dalam kloset dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, taburkan baking soda ke permukaan kloset, lalu gosokkan dan bilas.

Lantai

Terakhir, cuka bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lantai. Namun, jika lantai Anda terbuat dari kayu atau batu seperti granit atau marmer, hindari metode ini karena cuka bisa mengikis dan merusak permukaan lantainya.

Caranya, campurkan sekitar 250 ml cuka dengan 4 liter air, lalu gunakan seperti cairan pel pada umumnya. Anda bisa menambahkan essential oil seperti eucalyptus atau tea tree sebagai tambahan wangi dan antibakteri.

Itulah beberapa benda di rumah yang bisa dibersihkan dengan cuka. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News