Santai

Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Sepak Bola Paling Populer di Instagram, Ini Faktanya

Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Sepak Bola Paling Populer di Instagram, Ini Faktanya

MOMSMONEY.ID - Cristiano Ronaldo menjadi pemain sepak bola paling populer di Instagram yang akan berlaga dalam FIFA World Cup 2022. Cristiano Ronaldo mengungguli pemain terkenal lainnya seperti Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe. 

Nielsen melalui InfluenceScope menilai dari jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate serta rata-rata brand value dari setiap posting yang ada di Instagram.

Hasilnya menunjukkan Cristiano Ronaldo jadi pemain sepak bola paling berpengaruh di Instagram. Brand value setiap posting ini untuk menentukan pemain mana yang memberikan social media value tertinggi dengan biaya tertentu.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden FIFA, Indonesia Tetap Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Pemain sepak bola asal Portugal ini telah menjadi bintang sepak bola terkenal selama hampir 20 tahun. Cristiano Ronaldo pernah bermain untuk Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

Cristiano Ronaldo jadi pemain sepak bola paling populer setelah mampu meningkatkan jumlah followers hingga dua kali lipat atau 47% dalam satu tahun terakhir.  

Terbaru, jumlah followers Cristiano Ronaldo mencapai 489 juta. Cristiano Ronald, pemain sepak bola paling populer di Instagram, juga tercatat memiliki social media value hingga US$ 3,58 juta per posting

Data pemain sepak bola paling populer

Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe berada di urutan setelah Ronaldo sebagai pemain sepak bola paling populer di Instagram.

Lionel Messi, misalkan, mampu menghasilkan US$ 2,6 juta per posting dan memiliki 358 juta followers. Sementara Neymar dan Kylian Mbappe mampu menghasilkan rata-rata di atasUS$ 1 juta per posting. 

N’Golo Kanté, yang baru saja memenangkan Piala Dunia, Liga Champions, dan Liga Premier memiliki engagement rate tertinggi dengan para followersnya dalam peringkat Nielsen, yaitu 11%. 

Kanté menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.

Breakthrough Players dalam indeks Nielsen 

Gelandang Barcelona dan Spanyol Gavi adalah breakthrough players teratas dalam indeks Nielsen. Breakthrough players dinilai berdasarkan jumlah followers dan performa dalam satu tahun terakhir. 

Gavi, yang debut di Barcelona dan Spanyol pada tahun lalu, telah meningkatkan followers lebih dari 5.000% sejak Agustus 2021 hingga mencapai 5,5 juta pengikut. Unggahannya memiliki engagement rate yang luar biasa, hampir 30%.

Data Breakthrough Player

Sementara perpindahan Raphinha dari Leeds United ke Barcelona dan transfer Antony dari Ajax ke Manchester United pada Agustus 2022 ikut mendorong kedua pemain sayap ini untuk naik dalam jajaran breakthrough players.

Usia muda tidak menjadi syarat utama untuk dapat masuk ke jajaran 10 besar breakthrough playersTerbukti dengan masuknya gelandang Argentina, Rodrigo De Paul dalam usianya yang ke 28 tahun. 

Rodrigo telah lima kali masuk dalam jajaran ini setelah meningkatkan jumlah followers pada tahun lalu hingga 5 juta. Engagement ratenya memiliki nilai lebih dari 13%.

Tim paling populer yang ikut Piala Dunia FIFA 2022  menurut Nielsen 

Menjadi juara bertahan dunia, Prancis siap menuju ke Piala Dunia 2022 sebagai tim nasional paling berpengaruh populer. Lebih unggul dari Brasil dan Portugal. Ketiga tim nasional ini memiliki lebih dari 10 juta pengikut.

Data Tim Nasional Paling Populer di Instagrram

Sebanyak 64% penggemar Prancis berasal dari benua lain. Empat starter Prancis dalam 10 besar pesepakbola paling berpengaruh Nielsen (Mbappé, Benzema, Kanté, dan Paul Pogba) telah meningkatkan jangkauan global dari Les Bleus. 

Tetapi, mereka masih memiliki daya tarik internasional yang lebih rendah daripada negara-negara sepakbola besar Eropa lainnya.

Cristiano Ronaldo pemain sepak bola paling populer di Instagram ikut menyokong tim nasional Portugal 

Sebanyak 86% penggemar yang mengikuti Portugal berasal dari luar negeri. Daya tarik internasional Cristiano Ronaldo sebagai pemain sepak bola paling populer di Instagram tentu berperan dalam popularitas global tim nasional Portugal. 

Manchester United

Tim top Eropa lainnya seperti Inggris, Spanyol, Jerman, dan Belanda berhasil menarik penggemar dari luar negaranya hingga 70%.

Seperti halnya Prancis dan Portugal, keempat tim ini telah memenangkan maupun masuk dalam babak final Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa sejak 2010.

Di antara tim Afrika lainnya di media sosial, Maroko menjadi tim berpengaruh yang ada dalam Piala Dunia.

Tim sepak bola Maroko berhasil mendorong pertumbuhan followers di antara 32 tim Piala Dunia selama setahun terakhir dan menikmati engagement rate sebegar 3,4%, tertinggi dalam peringkat 10 besar.

Bek sayap Maroko Achraf Hafiimi, posisi ke-8 dalam 10 breakthrough players teratas di Nielsen InfluenceScope, berkontribusi pada pertumbuhan jumlah followers tim nasional Maroko.

Dari 10 juta pengikut Hakimi, telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak ia bergabung dengan pemain-pemain, seperti Messi, Mbappe, dan Neymar di Paris Saint-Germain pada Juli 2021.

Kurang dari setengah dari 5,7 juta pengikut Meksiko di Instagram berasal dari luar negeri, terlepas lebih dari 25 juta orang Amerika mengklaim dirinya adalah bagian dari fandom El Tri menurut Nielsen Fan Insights.

Baca Juga: Vidio.com Siap Tayangkan FIFA World Cup

Marco Nazzari, Managing Director of International Sport Nielsen mengatakan, dengan beragam atlet paling terkenal di dunia bersaing memperebutkan hadiah utama sepak bola, Piala Dunia, tentunya akan menarik perhatian hampir satu miliar orang.

Piala Dunia memberikan peluang unik bagi brand untuk bermitra dengan pesepakbola yang tepat untuk secara efektif melibatkan target audiens mereka.

"Nielsen InfluenceScope mengevaluasi semua aspek pengaruh pemain tertentu sehingga brand dapat memastikan bahwa mereka menerima tingkat pengembalian yang sesuai berdasarkan investasi yang tepat," katanya dalam keterangan tertulis.

Nah, itu tadi seputar fakta bahwa Cristiano Ronaldo jadi pemain sepak bola paling populer di Instagram. Penelitian Nielsen ini dilakukan pada pemain dan tim yang akan berlaga di FIFA World Cup 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News