Covid-19 Mengepung, Ini Kiat Bertahan Keuangan Keluarga!

Reporter: Lidya Yuniartha
Kamis, 01 Juli 2021 | 05:39 WIB
Covid-19 Mengepung, Ini Kiat Bertahan Keuangan Keluarga!

ILUSTRASI. Tips Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Ancaman Covid-19

MOMSMONEY.ID - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Kita pun tidak mengetahui kapan pandemi ini akan berakhir. Melihat ini, seperti apa cara mengatur keuangan keluarga agar bisa bertahan?

Perencana Keuangan dari Financia Consulting Eko Indarto pun membeberkan langkah yang bisa disipakan.

Pertama, dia menyarankan agar masyarakat menyiapkan dana cadangan.

"Karena ketidakpastian itu pasti butuh yang namanya dana cadangan atau simpangan yang gampang cair atau liquid. Sehingga ketika dibutuhkan itu mudah dicairkan," ujar Eko, Kamis (24/6).

Kedua, dia pun menyarankan agar masyarakat menyiapkan asuransi khususnya dengan melonjaknya kasus Covid-19. Ini juga sebagai langkah antisipasi bila fasilitas yang disiapkan pemerintah tidak bisa digunakan.

Baca Juga: Katalog Promo Indomaret terbaru, periode 30 Juni-6 Juli 2021

Tips ketiga adalah mengurangi pengeluaran. Menurut Eko, pengeluaran bisa ditekan mengingat berkurangnya aktivitas di luar. Dia mengatakan, dengan mengurangi pengeluaran maka akan ada kelebihan dana yang didapatkan.

"Kalau dana simpanan dan asuransi sudah disiapkan, mungkin kelebihan dana tadi bisa diinvestasikan. Karena ketika kondisi tidak stabil seperti ini biasanya invetasi turun atau murah, jadi bisa dipilih-pilih investasi yang cocok untuk tujuan keuangannya," tambah Eko.

Adapun, sumber pengeluaran yang bisa ditekan antara lain dari ongkos transporrasi, biaya parkir, jalan tol, biaya ngopi atau biaya lain yang dikeluarkan ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Tak hanya itu, biaya dari belanja online pun bisa dikurangi atau dikontrol.

"Jadi bisa dipilih-pilih lagi untuk belanja online, khususnya barang-barang yang tidak dibutuhkan," katanya.

Baca Juga: Tonton SnackVideo, Usir Jenuh Sekaligus Bisa Dapat Duit

Meski kondisi keuangan tengah ketat, Eko menyarankan agar masyarakat tidak sampai berutang. Dia mengatakan, bila memiliki utang, maka beban ke depan akan semakin tinggi.

"Karena itu harus dikurangi pengurangan, supaya jangan sampai ketika pengeluarannya berlebih dan penghasilan berkurang misalnya, akhirnya berutang. Kalau bisa jangan sampai berutang," ujarnya.

Meski sudah menyiapkan keuangan, Eko mengatakan hal yang paling penting saat ini adalah menjaga kesehatan yakni dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin.

Selanjutnya: Ada Promo Bunga KPR BCA Mulai 5,25%, Pengajuan via Online Expo

Editor: Lidya Yuniartha
Terbaru