HOME, Keluarga

Cocok Buat Penyuka Minimalis, Kenali Konsep Rumah Japandi!

Cocok Buat Penyuka Minimalis, Kenali Konsep Rumah Japandi!

MOMSMONEY.ID - Sejak beberapa tahun belakangan, rumah bergaya minimalis seakan tidak pernah kehabisan penggemar. Rumah minimalis banyak diminati karena konsepnya yang sederhana, namun tetap mengedepankan kesan yang elegan dan cantik.

Dari beragam gaya minimalis, ada satu gaya yang cukup menarik untuk diulas, yaitu gaya Japandi. Gaya dekorasi rumah ini merupakan perpaduan antara gaya Skandinavia dan Jepang, yang memang identik dengan kesan minimalis dan simpel.

Nah, jika Anda berencana untuk mendekorasi rumah dengan gaya minimalis, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengadaptasi gaya ini. Yuk, simak penjelasan mengenai Japandi!

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Batu untuk Taman Rumah, Apa Saja?

Apa itu Japandi?

Melalui The Spruce, Leni Calas dari Ward 5 Design menyebutkan bahwa Japandi adalah gaya desain yang menggabungkan fungsionalitas ala Skandinavia dan minimalisme ala Jepang untuk menciptakan kesan yang alami, berseni, dan sederhana. Gaya ini juga kerap disebut sebagai Scandi-Japanese.

Nah, gabungan antara kedua gaya desain inilah yang dapat menciptakan kesan rumah minimalis yang berfokus pada bentuk dan garis yang tegas, ruang yang lapang, serta warna-warna terang.

Elemen atau unsur desain Japandi

Pada rumah atau ruangan minimalis yang menggunakan gaya Japandi, ada beberapa hal yang menjadi elemen atau unsur utamanya.

Dilansir dari Barbulianno Design, berikut beberapa elemen utama yang umumnya terdapat pada rumah atau ruangan minimalis bergaya Japandi:

  • Bentuk dan garis yang bersih dan tegas.
  • Furnitur bergaya minimal yang fungsional.
  • Ruangan yang rapi tanpa barang berserakan atau berceceran.
  • Material berbahan alam seperti kayu.
  • Kombinasi warna yang kontras seperti abu-abu, biru langit, coklat kayu, hitam, pink pucat, dan putih.
  • Aksesoris dan dekorasi yang fungsional.

Japandi menitikberatkan pada aspek kesederhanaan, sehingga dapat menciptakan kesan damai dan hangat dengan layout rumah atau ruangan yang minimalis.

Menurut The Spruce, gaya Japandi juga menekankan aspek sustainability atau keberlanjutan. Hal ini terlihat dari penggunaan material kayu yang mudah didaur ulang, serta desain sederhana yang tidak menuntut banyak barang sehingga dapat mengurangi produksi sampah. Jadi, gaya rumah minimalis Japandi cocok untuk Anda yang menyukai hal-hal berbau sustainable.

Baca Juga: 5 Alasan Sebaiknya Menggunakan Warna Netral di Rumah

Mendekorasi rumah minimalis bergaya Japandi

Jika Anda tertarik untuk mendekorasi rumah minimalis Anda dengan gaya Japandi, perhatikan hal-hal berikut:

  • Fokus pada material alam seperti kayu atau bambu untuk menampilkan kesan yang alami dan simpel.
  • Gunakan warna netral yang terang pada dinding untuk menciptakan kesan ruangan yang terang dan cerah. Anda juga dapat memanfaatkan pencahayaan tambahan seperti lampu.
  • Sejalan dengan prinsip minimalisme, singkirkan barang-barang kecil yang membuat ruangan berantakan. Anda bisa menyimpannya di tempat tertutup.
  • Gunakan gorden dengan warna netral seperti beige, off-white, atau abu-abu muda.
  • Pilih furnitur dengan warna-warna kayu yang alami dan bentuk yang simpel. Untuk furnitur seperti sofa dan kasur, pilih desain yang empuk dan nyaman dengan warna netral.
  • Pilih furnitur atau perabotan yang bersifat timeless sehingga tidak cepat dibuang, sehingga mengedepankan aspek sustainability dalam rumah.

Nah, itulah hal-hal mengenai gaya Japandi yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, apakah konsep desain ini cocok diterapkan di rumah minimalis Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News