ads

Cobain, Yuk! 5 Cara Ampuh Menghilangkan Purging dengan Tepat

Sumber: HER WORLD
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 10:10 WIB
Cobain, Yuk! 5 Cara Ampuh Menghilangkan Purging dengan Tepat


MOMSMONEY.ID - Sedang mengalami purging? Purging berbeda dengan breakout. Purging terjadi untuk regenerasi kulit setelah penggunaan produk skincare. Purging bisa terjadi oleh siapa saja, saat mengalami purging Anda harus bersabar dengan kondisi kulit seperti ini. 

Hal ini dikarenakan purging membuat kulit wajah menjadi rentan dan sensitif. Jika sedang mengalami purging, berikut cara menghilangkan purging dengan benar dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

1. Mencuci Muka Secara Rutin

Pertama, cara menghilangkan purging yaitu mencuci muka secara rutin. Mencuci muka hingga bersih secara rutin selama dua kali sehari agar kotoran dapat terangkat dan minyak berlebih. Kemudian, Anda juga harus menghindari mencuci muka terlalu lama karena dapat membuat kulit wajah semakin kering.

Pilihlah produk pembersih muka yang cocok dengan jenis kulit Anda dan mengandung bahan yang aman untuk kulit. Agar wajah lebih bersih, lakukan double cleansing. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleansing oil atau micellar water agar mengangkat sisa make up dan kotoran lainnya dengan maksimal. 

2. Jangan Menyentuh Muka dengan Tangan

Cara menghilangkan purging selanjutnya adalah jangan menyentuh muka dengan tangan. Menyentuh atau memencet jerawat saat purging akan menyebabkan peradangan yang lebih parah dan membuat bakteri penyebab jerawat hinggap dengan mudah pada kulit.

Anda tidak akan tahu tangan Anda sudah menyentuh apa saja dan meskipun sudah mencuci tangan hingga sekiranya bersih, akan selalu ada bakteri dan kotoran lainnya yang tetap menempel pada tangan. Oleh karena itu, hindari menyentuh muka dengan tangan untuk mencegah risiko perpindahan bakteri dari tangan ke wajah

Baca Juga: Promo HUT Tokopedia 13 s.d 25 Agus 2022, Menangkan Total Hadiah Rp15 Juta buat Anda!

3. Mengatur Asupan Makanan

Berikutnya, mengatur asupan makanan juga penting dilakukan ketika sedang purging. Hal ini supaya kondisi jerawat tidak semakin buruk. 

Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi pada umumnya mengandung tingkat karbohidrat yang dapat dicerna secara cepat oleh tubuh sehingga kadar gula darah semakin meningkat. Beberapa makanan yang harus dibatasi adalah nasi putih, sereal, pasta, mie, roti tawar putih, dan sebagainya. 

4. Memakai Sunscreen 

Jangan lupa mengoleskan sunscreen secara rutin, supaya dapat mempercepat proses purging. Saat Anda beraktivitas di luar ruangan, sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar UV dari matahari.

Pilihlah produk sunscreen yang cocok dengan jenis kulit dan tidak mengandung minyak berlebih. Selain itu, pilihlah produk yang memiliki label noncomedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori ketika dioleskan ke wajah.

5. Rutin Memakai Skincare

Cara menghilangkan purging dengan benar lainnya adalah rutin memakai skincare. Anda bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan bersifat soothing yang ampuh meredakan tanda-tanda iritasi dan peradangan pada kulit, seperti chamomile, green tea, panthenol, aloe vera extract, dan sebagainya.

Selain itu, gunakan masker wajah secara rutin setiap dua hingga tiga hari. Pilihlah masker wajah yang bertekstur clay mask dengan kandungan lidah buaya untuk hasil yang maksimal.

Pastikan masker yang dibeli cocok dengan jenis kulit kita. Kemudian, gunakan juga produk moisturizer atau pelembap agar kulit wajah kita tetap terhidrasi dan terhindar dari produksi minyak yang berlebihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TOPIK TERPOPULER