HOME, Keluarga

Coba Yuk! Tips Menata Lemari Pakaian Supaya Selalu Rapi

Coba Yuk! Tips Menata Lemari Pakaian Supaya Selalu Rapi

MOMSMONEY.ID - Lemari pakaian adalah salah satu area di rumah yang sangat mudah terlihat penuh dan berantakan. Padahal, area yang satu ini cukup penting dalam menunjang penampilan sehari-hari.

Jika lemari pakaian Anda penuh dan berantakan, proses mencari dan menata pakaian untuk dikenakan tentu akan makin merepotkan, bukan?

Walaupun terdengar merepotkan, sebenarnya menata lemari pakaian tidak sulit dilakukan, kok. Ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menata lemari pakaian sehingga selalu terlihat rapi dan bersih.

Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk, simak tips berikut ini!

Baca Juga: 10 Tips Mudah Memaksimalkan Pencahayaan di Rumah yang Suram, Yuk Coba!

Kosongkan lemari pakaian

Dikutip dari Real Simple, kosongkan lemari pakaian Anda terlebih dahulu sebelum mulai menata pakaian di lemari. Pindahkan seluruh isinya ke tempat lain, misalnya di atas tempat tidur.

Lalu, bersihkan lemari pakaian yang sudah kosong tersebut. Singkirkan debu dengan kemoceng atau vacuum cleaner, lalu lap bagian dalam lemari dengan kain bersih. Hal ini akan membuat lemari pakaian Anda kembali bersih dan segar.

Lakukan declutter berdasarkan kategori pakaian

Selanjutnya, pilah pakaian berdasarkan kategorinya, seperti bawahan, atasan, daster, jaket, hingga pakaian dalam.

Setelah terbagi menjadi beberapa bagian, lakukan declutter untuk memilah-milah pakaian mana saja yang sudah tidak digunakan lagi. Hanya simpan pakaian yang Anda suka dan sering dikenakan.

Simpan pakaian di dalam lemari berdasarkan jenisnya

Melanjutkan poin sebelumnya, simpanlah pakaian-pakaian yang sudah dipisah tersebut di area yang terpisah pula. Hindari mencampur berbagai jenis pakaian di satu tempat.

Mengapa? Dilansir dari MyDomaine, hal ini akan membuat lemari pakaian Anda terlihat rapi dan memudahkan Anda untuk mencari pakaian yang ingin dikenakan nantinya.

Baca Juga: 3 Tips Menggunakan Warna Putih ala Feng Shui, Bikin Rumah Cerah!

Gantung pakaian yang kaku dan halus

Selain menempatkan jenis pakaian yang berbeda di tempat terpisah, Anda juga perlu memikirkan bagaimana cara menyimpan jenis pakaian tertentu.

Dikutip dari Makespace.com, ada beberapa jenis pakaian yang perlu dilipat dan ada yang perlu digantung. Saat menentukan pakaian apa yang perlu digantung, pilih jenis pakaian dengan kain halus seperti dress atau rok dan pakaian yang kaku seperti jas, mantel, atau blazer.

Baca Juga: Area Terbaik Memajang Tanaman Hias, Rumah Tampak Cantik dan Segar

Lipat pakaian yang tebal

Sementara itu, hindari menggantung pakaian yang tebal, misalnya sweater dan celana jeans. Jenis pakaian tersebut rentan membuat area gantungan di lemari terlihat penuh.

Solusinya, simpan sweater dan celana jeans dengan cara dilipat. Bahannya yang tebal dan kaku tidak akan mudah kusut, sehingga cocok untuk ditumpuk dan mudah diambil saat dibutuhkan.

Gunakan hanger yang serasi

Terakhir, Anda dapat memilih untuk menggunakan hanger atau gantungan pakaian yang sama. Hal ini dapat membantu memberikan kesan rapi di lemari pakaian.

Namun, pastikan menggunakan jenis hanger yang cocok untuk jenis pakaian yang digantung. Misalnya, hindari menggunakan hanger tipis untuk jenis pakaian yang tebal dan berat.

Itulah beberapa tips mudah untuk menata lemari pakaian di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News