HOME, Santai

Coba Mulai Lakukan 4 Tips Ini untuk Atasi Burnout!

Coba Mulai Lakukan 4 Tips Ini untuk Atasi Burnout!

MOMSMONEY.ID - Burnout merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah situasi di mana pikiran mengalami kelelahan mental yang besar.

Burnout tetap dapat diatasi dengan melakukan beberapa cara untuk meminimalisir gejalanya. Tentunya burnout tidak dapat di atasi hanya dalam satu hari, namun butuh waktu beberapa hari untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk mengatasi masalah burnout yang kerap melanda orang-orang dengan aktivitas tinggi.

Baca Juga: Ingin Tetap Produktif Saat Liburan? Lakukan 4 Tips Berikut Ini Saja!

Lakukan aktivitas yang menenangkan

Banyak jenis aktivitas menenangkan yang tidak membutuhkan mobilitas tinggi untuk dilakukan. Seperti contohnya yoga dan meditasi yang keduanya bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi masalah burnout.

Laman Mayo Clinic menyarankan untuk mulai melakukan aktivitas yang menenangkan agar terhindar dari stress tinggi yang menyebabkan munculnya burnout.

Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin juga bisa membantu untuk mengatasi burnout. Sebab pada dasarnya olahraga dapat membantu untuk mengurangi stress pada pikiran.

Olahraga ringan hingga berat bisa dijadikan alternative untuk melepaskan diri sejenak dari beban pikiran penyebab burnout. Sebagai bonusnya bahkan tubuh dan pikiran bisa menjadi sehat dan terhindar dari stress.

Baca Juga: 5 Istilah Kencan yang Tak Banyak Diketahui Orang, Cari Tahu di Sini Yuk!

Miliki kontrol diri

Burnout merupakan situasi yang bisa merenggut seluruh kontrol diri dan menyebabkan rasa terpuruk. Melansir dari laman Health Line, mulailah untuk memiliki kontrol diri ketika berada situasi burnout.

Caranya dapat dilakukan dengan mulai memiliki prioritas, menyertakan orang lain untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, meninggalkan pekerjaan di kantor, dan membagi waktu untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri.

Carilah support

Support dari orang terdekat, seperti keluarga maupun teman juga penting untuk mengatasi masalah burnout yang dirasakan. Bicarakanlah masalah yang dirasa menjadi penyebab burnout pada orang yang tepat yaitu orang yang bisa membantu mengurangi beban stress penyebab burnout.

Jika dirasa cara tersebut tidak cukup, maka berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog atau psikiater bisa dijadikan opsi terakhirnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News