HOME, Santai

Coba Metode Kakeibo, Agar Keuangan Semakin Teratur dan Tidak Boros

Coba Metode Kakeibo, Agar Keuangan Semakin Teratur dan Tidak Boros

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar istilah Kakeibo? Kakeibo adalah sebuah istilah yang muncul dari Jepang. Ini adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan cara berhemat uang atau menabung. 

Menurut sejarahnya, Kakeibo pertama kali dipopulerkan oleh seoranng jurnalis Jepang bernama Motoko Hani. Ia pertama kali mempublikasikan metode Kakeibo ini di sebuah majalah perempuan di tahun 1904.

Kakeibo ini adalah metode yang memiliki tujuan untuk mengatur kondisi keuangan yang lebih tertata. Yang dibutuhkan dalam metode ini adalah buku jurnal untuk mencatat seluruh pengeluaran dan kebutuhan uang yang Anda miliki.

Baca Juga: Ingin Hidup Lebih Tenang? 5 Orang Ini Harus Ada di Sekitar Anda

Ada 5 tahapan yang biasa digunakan dalam menjalankan Kakeibo ini. 

Pertama tama, Anda bisa mencatat rincian pemasukan Anda pada jurnal keuangan Anda. Catatlah semua sumber pemasukan dan pendapaan yang Anda perolah seperti gaji bulanan dan lain-lain.

Lalu, buatlah daftar kebutuhan Anda selama sebulan. Tulis semua kebutuhan secara rinci. Mulai dari kebutuhan harian hingga kebutuhan yang tak terduga. Contohnya, kebutuhan makan, transportasi, belanja, buku, kado, atau bahkan kuota internet.

Tahapan yang paling penting dari metode Kakeibo ini adalah penggunaan amplop. Buat pos keuangan dari amplop-amplop yang sudah dilabeli dengan kebutuhan Anda tadi. Masukan jumalh uang yang sesuai dengan yang sudah Anda budgetkan. 

Baca Juga: Ide Dekorasi Kamar Warna Kuning, Ruangan Makin Cerah dan Hidup!

Jangan lupa juga untuk mencatat setiap pengeluaran harian dan kembalian yang Anda miliki dari sisa uang yang ada pada amplop budgeting. 

Teliti kembali apakah metode dan rincian tersebut sesuai bagi Anda. Jika tidak sesuai maka Anda bisa menjadikannya acuan untuk budgeting di bulan berikutnya. 

Di samping itu, metode Kakeibo ini juga lebih mengandalkan uang cash dibandingkan penggunaan kartu. Karena dengan menggunakan uang cash akan lebih mudah untuk mengatur keuangan untuk kebutuhan harian. 

Anda juga harus bisa memisahkan mana kebutuhan dan keinginan dengan baik. Agar Anda dapat menggunakan uang Anda dengan lebih bijak. Hal tersebutlah yang merupakan fundamental dari metode Kakeibo ini.

Selanjutnya: Yuk, Tonton Rekomendasi Film Animasi Terbaik Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News