HOME, Keluarga

Coba Cara Ini Supaya Bayi Bisa Tidur dengan Nyenyak dan Aman di Malam Hari

Coba Cara Ini Supaya Bayi Bisa Tidur dengan Nyenyak dan Aman di Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Orang tua yang memiliki seorang bayi memang diharuskan untuk selalu siap siaga. Hal tersebut dilakukan agar segala kebutuhan bayi dapat dipenuhi dengan segera.

Sering kali bayi menangis di tengah malam sehingga mengharuskan orang tua terutama ibu untuk bangun dari tidurnya. Bagi mereka yang baru menjadi orang tua mungkin akan merasa kewalahan dengan hal itu.

Oleh sebabnya, pengetahuan tentang cara menidurkan bayi juga penting untuk para orang tua ketahui.

Melansir Web MD dan Mayo Clinic, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bayi dapat tertidur dengan nyenyak sepanjang malam. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Bayi Lapar dan Ingin Minum ASI

Pahami kebutuhan tidur bayi

Pada dua bulan pertama, biasanya bayi membutuhkan waktu selama 10-18 jam sehari untuk tidur. Terkadang, sekali tidur mereka akan menghabiskan waktu selama 3-4 jam.

Dikarenakan bayi belum bisa membedakan antara siang dan malam, jadi mereka akan tidur tanpa memerhatikan waktu. Tak jarang mereka akan terbangun pada jam 1 sampai jam 5 pagi.

Memasuki usia 3-4 bulan, tidak sedikit bayi yang membutuhkan waktu selama 5 jam untuk sekali tidur. Sementara itu, bayi baru bisa memiliki waktu tidur yang baik ketika menginjak usia 6-9 bulan.

Makanya, Moms harus bisa memahami hal-hal tersebut karena memang seperti itulah sifat alami yang dimiliki setiap bayi.

Tidurkan bayi di kamar orang tuanya                         

Wajarnya, bayi memang harus tidur di bawah pengawasan orang tuanya. Meskipun begitu, pastikan untuk menempatkan mereka sendiri di tempat tidur khusus bayi yang diletakkan di dekat kasur tidur Moms.

Hal itu dilakukan guna menghindari risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian bayi mendadak.

SIDS dapat terjadi ketika orang tua yang tertidur melakukan gerakan-gerakan tidak sengaja yang bisa membahayakan bayi, misalnya berguling atau tangannya bergerak menutupi hidung maupun mulut bayi.

Baca Juga: Inilah Cara yang Bisa Dicoba untuk Melebatkan Rambut Bayi

Menciptakan kebiasaan tidur yang baik

Selain menyusui mereka, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa dipraktikkan untuk membantu bayi tidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Pastikan untuk menidurkan bayi secara konsisten pada jam-jam yang sudah ditentukan dengan suasana yang menenangkan. Pasalnya, stimulasi yang berlebihan di malam hari dapat membuat bayi sulit untuk tertidur.

Moms bisa mencoba untuk menyanyi, membacakan dongeng, atau melakukan aktivitas tenang lainnya hingga bayi mengantuk.

Ketika bayi sudah mengantuk, letakkan mereka secara perlahan di tempat tidur bercahaya redup dalam kondisi telentang. Jangan lupa untuk membersihkan tempat tidur bayi sebelum meletakkan mereka ke atasnya.

Saat hendak meninggalkan bayi yang baru tertidur, tinggalkanlah ruangan secara pelan sembari mengucapkan kata-kata yang menenangkan kepada bayi dengan lirih agar bayi merasa aman.

Moms juga dapat mempertimbangkan untuk memakaikan dot ketika mereka tidur. Dot dapat membantu bayi untuk tenang sekaligus mengurangi risiko terjadinya SIDS.

Apabila di tengah malam bayi terbangun karena lapar, pastikan Moms menyusui mereka dengan gerakan yang tenang dan suara yang lembut. Dengan begitu, bayi akan lebih cepat untuk kembali tertidur.

Nah, Moms. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu bayi tidur dengan nyenyak di malam hari. Intinya, Moms harus memahami kebiasaan bayi agar Moms bisa dengan mudah membantu mereka untuk tidur dengan pulas.

Selanjutnya: Jangan Bingung, Begini Cara Mengatasi Anak yang Sering Mengompol

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News