Bugar

Coba Berendam Air Hangat, Ini 5 Cara Alami Meredakan Gangguan Ambeien

Coba Berendam Air Hangat, Ini 5 Cara Alami Meredakan Gangguan Ambeien

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan gangguan ambeien yang Anda alami. 

Ambeien menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Hal ini terjadi akibat ada pembengkakan atau peradangan pembuluh darah pada ujung rektum. 

Ada berbagai hal yang dapat memicu ambeien, salah satunya mengejan terlalu keras dan faktor keturunan. 

Ambeien yang cukup parah perlu diatasi dengan penanganan medis, seperti penggunaan obat-obatan atau tindakan bedah.   

Namun, Anda bisa mengatasi ambeien yang ringan dan meredakan gejala ambeien dengan beberapa cara alami.  

Dirangkum dari Web MD, berikut cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan gangguan ambeien, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Gejala Ambeien agar Bisa Mengatasinya dengan Tepat

1. Makan makanan berserat tinggi

Cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan gangguan ambeien yang pertama adalah makan makanan berserat tinggi. 

Makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Namun, tambahkan serat ke dalam pola makan secara perlahan untuk menghindari masalah terkait gas. 

Cara ini akan melunakkan tinja dan meningkatkan volumenya, yang akan membantu Anda menghindari ketegangan yang dapat memperburuk gejala ambeien.  

2. Gunakan perawatan topikal

Cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan gangguan ambeien yang kedua adalah gunakan perawatan topikal. 

Oleskan krim ambeien yang dijual bebas atau supositoria yang mengandung hidrokortison, atau gunakan pembalut yang mengandung witch hazel atau obat mati rasa. 

Baca Juga: Ambeien Tak Kunjung Sembuh? Sembuhkan Dengan Sederet Obat Alami Ini

3. Berendam

Cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan gangguan ambeien yang ketiga adalah berendam. 

Pengidapnya bisa berendam secara teratur dalam bak mandi air hangat. Rendam area anus dalam air hangat biasa selama 10 hingga 15 menit dua hingga tiga kali sehari.  

4. Minum obat pereda nyeri

Cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan gangguan ambeien yang keempat adalah minum obat pereda nyeri. 

Pengidapnya juga dapat menggunakan acetaminophen, aspirin atau ibuprofen sementara untuk membantu meringankan ketidaknyamanan. 

Baca Juga: Catat Moms, Ini 5 Cara Aman Mengatasi Mata Bengkak

5. Perbanyak air putih

Cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan gangguan ambeien yang kelima adalah perbanyak air putih. 

Selain asupan buah dan sayur, jangan lupa untuk memperbanyak asupan air putih setiap hari. Kebiasaan ini juga bisa membantu untuk melunakkan feses dalam pencernaan. 

Itulah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakn gejala ambeien. Jika ambeien semakin memburuk, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News