Santai

Coba 5 Tips Meditasi Ini Yuk, agar Meditasi Jadi Makin Nyaman!

Coba 5 Tips Meditasi Ini Yuk, agar Meditasi Jadi Makin Nyaman!

MOMSMONEY.ID - Meditasi merupakan salah satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat seperti membantu mengatasi anxiety dan stres.

Melakukan meditasi secara rutin ternyata bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama bagi pemula yang baru ingin melakukan meditasi.

Baca Juga: Hilangkan Stres, Inilah 4 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

Namun tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips untuk melakukan meditasi yang dapat dicoba agar bisa rutin melakukan meditasi.

Buatlah jadwal

Cara pertama yang wajib dilakukan sebelum melakukan meditasi adalah dengan membuat jadwal meditasi terlebih dahulu. Seorang psikoterapi, Haley Neidich, LCSW, pada laman Health Line menjelaskan bahwa dengan melakukan meditasi secara konsisten di waktu yang sama, dapat membuat manfaat kesehatan dari meditasi menjadi lebih terasa. Pagi hari yang tenang biasanya adalah waktu yang tepat untuk melakukan meditasi.

Menyediakan tempat bermeditasi

Untuk bisa berkonsetrasi melakukan meditasi dengan baik, maka perlu untuk menyediakan tempat yang nyaman untuk bermeditasi. Sebaiknya siapkan ruangan yang rapi, bersih, dan nyaman sebagai tempat untuk melakukan meditasi. Lilin aromaterapi pun juga dapat ditambahkan agar membuat aktivitas meditasi menjadi lebih tenang dan membantu fokus.

Baca Juga: Bantu Healing, Coba 3 Aplikasi Untuk Jaga Kesehatan Mental Ini!

Cari posisi yang nyaman

Tak semua aktivitas meditasi harus dilakukan dengan menyilangkan kaki. Cobalah untuk mencari posisi nyaman agar tidak mengganggu fokus bermeditasi. Laman Headspace menyarankan posisi duduk di kursi dengan menambahkan bantuan bantal juga bisa digunakan sebagai posisi bermeditasi yang nyaman selain dengan menyilangkan kaki.

Gunakan musik

Musik bisa menjadi media yang baik untuk menjaga fokus seseorang dalam melakukan meditasi. Pilihlah musik yang nyaman dan menenangkan untuk melakukan meditasi secara rutin. Jika melakukan meditasi di pagi hari yang sepi, maka suara alam bisa dijadikan pilihannya jika tidak ingin menggunakan musik dalam bermeditasi.

Perhatikan durasi

Jika pemula, ada baiknya untuk tidak langsung melakukan meditasi dengan durasi waktu yang panjang dan lama. Laman Insider menjelaskan bahwa sebaiknya pemula memulai meditasi dengan durasi waktu yang singkat namun rutin. Satu hingga dua menit sehari bisa diterapkan sebelum melakukan meditasi dengan durasi yang lebih panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News