Keluarga

Coba 4 Tips Ini untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak yang Menurun

Coba 4 Tips Ini untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak yang Menurun

MOMSMONEY.ID - Saat seorang anak memiliki nafsu makan yang buruk, besar kemungkinan mereka akan mengalami penurunan berat badan.

Dikutip dari Hello Sehat, nafsu makan yang berkurang atau menurun pada anak dapat disebabkan oleh masalah kesehatan, stres, depresi, anoreksia nervosa, hingga penggunaan obat-obatan.

Untuk membantu meningkatkan kembali nafsu makan anak Anda yang menurun, berikut 4 tips yang bisa Anda coba sebagaimana dilansir dari Livestrong.com.

Baca Juga: Apa Itu Tourette Syndrome? Ini Penjelasan Lengkapnya Menurut Ahli

1. Singkirkan penyebab utama kekurangan berat badan pada anak

Mencoba mendorong anak untuk makan lebih banyak tidak akan membantu jika ada penyebab mendasar dari nafsu makan yang buruk. Itulah mengapa sangat penting untuk menyingkirkan terlebih dahulu penyebab medis dari kekurangan berat badan pada anak Anda.

Umumnya, nafsu makan yang buruk pada anak-anak disebabkan oleh intoleransi makanan yang tidak terdiagnosis, alergi makanan, dan masalah pencernaan lainnya seperti penyakit radang usus pediatrik. Intoleransi laktosa hingga penyakit celiac (reaksi autoimun terhadap protein gluten dalam makanan seperti gandum, gandum hitam, dan jelai) dapat memengaruhi keinginan anak untuk makan dan menyebabkan penurunan berat badan.

Mintalah bantuan dokter anak untuk mengesampingkan masalah mendasar yang berpotensi mencegah anak Anda makan dengan cukup sekaligus menambah berat badan mereka.

2. Sesuaikan pilihan makanan

Jika anak Anda tidak memiliki nafsu makan yang baik, bisa jadi ia adalah seorang picky eater atau pemilih makanan. Sebenarnya, anak-anak sering kali enggan menerima makanan baru dan mungkin membuat keributan tentang tekstur atau rasa baru.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mencatat makanan apa saja yang bergizi dan disukai oleh anak kemudian sesuaikan menu makan mereka dengan daftar makanan yang sudah Anda catat.

Mungkin, langkah ini akan terasa sulit pada awalnya. Namun, seiring berjalannya waktu, anak Anda akan mengembangkan nafsu makan yang normal dan mulai menerima lebih banyak variasi makanan.

3. Pastikan anak berolahraga dengan cukup

Pada saat ini, banyak anak yang lebih memilih untuk berdiam diri di dalam rumah sembari bermain gadget daripada beraktivitas fisik di luar ruangan. Jika terus dibiarkan, anak akan menjadi lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan di antaranya sakit mata, obesitas, dan bahkan penurunan nafsu makan.

Guna membantu merangsang kembali nafsu makan anak Anda yang menurun akibat kebiasaan tersebut, doronglah mereka untuk mendapatkan aktivitas fisik yang cukup.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, anak-anak membutuhkan 60 menit atau lebih untuk berolahraga setiap hari. Untuk membantu anak berolahraga dengan menyenangkan, ajaklah mereka untuk bersepeda atau bermain skateboard. Perlahan, Anda mungkin akan menyadari bahwa nafsu makan anak Anda terus meningkat saat mereka lebih banyak berolahraga.

4. Pilih makanan padat kalori

Apabila Anda kesulitan dalam meningkatkan nafsu makan anak, tingkatkanlah kepadatan kalori dari makanan yang Anda berikan sehingga mereka tidak perlu lagi makan makanan dalam jumlah yang lebih banyak.

Berikanlah anak Anda camilan berkalori tinggi seperti guacamole yang terbuat dari alpukat segar, tomat, dan bawang bombay bersama crackers gandum untuk dicelupkan ke dalamnya.

Ide camilan berkalori tinggi lainnya yang bisa Anda berikan kepada anak adalah granola, trail mix, dan smoothies yang terbuat dari campuran yogurt atau susu almond dengan buah-buahan segar atau selai kacang favorit mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News