Keluarga

Clear Skin Diet untuk Kulit Bersih Bebas Jerawat, Ini 5 Cara Melakukannya

Clear Skin Diet untuk Kulit Bersih Bebas Jerawat, Ini 5 Cara Melakukannya

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 cara melakukan clear skin diet untuk kulit bersih bebas jerawat.

Kulit yang dipenuhi jerawat tentu sangat mengganggu penampilan dan bisa menurunkan kepercayaan diri.

Alhasil, para pengidap jerawat pun rela menghabiskan pundi-pundi rupiah demi memborong produk skincare atau melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Faktanya, penggunaan produk skincare atau perawatan di klinik kecantikan tidak akan memberikan hasil yang optimal jika tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat.

Nah, untuk membantu menciptakan kulit yang bersih dan bebas jerawat, Anda patut melakukan clear skin diet. Melansir Foreo, inilah 5 cara melakukan clear skin diet untuk kulit bersih bebas jerawat.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Paket Skincare Merek Lokal untuk Hadiah Hari Ibu

1. Minum lebih banyak air putih

Cara melakukan clear skin diet yang pertama yaitu minum lebih banyak air putih. Bagaimana pun, tubuh Anda terdiri dari 60% air. Jadi, Anda perlu minum cukup air guna mengoptimalkan proses fisik.

Minum air putih dengan cukup juga merupakan kunci untuk mendorong konsumsi jumlah kalori harian yang tepat. Saat Anda merasa lapar, cobalah untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk makan. Pasalnya, manusia kerap mengira rasa haus sebagai rasa lapar.

Sebagai dasar dari kulit yang sehat dan bersih, selalu ingat untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

2. Kurangi gula

Cara melakukan clear skin diet yang kedua yaitu mengurangi gula. Sudah jelas bahwa gula bukanlah bagian dari diet anti-jerawat. Hal ini dikarenakan gula dapat memperburuk jerawat dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Kendati demikian, gula tergolong sulit untuk dihindari mengingat hampir semua makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak luput dari kandungan gula.

Walaupun sulit, bukan berarti Anda tidak bisa menghindari gula sama sekali. Jika Anda menginginkan kulit yang bersih dan bebas jerawat, pertahankanlah asupan gula harian Anda menjadi 2-4 porsi fruktosa yang dapat ditemukan dalam buah-buahan. Selain itu, pastikan Anda menghindari gula yang ditemukan dalam karbohidrat olahan maupun permen.

3. Hindari alkohol

Cara melakukan clear skin diet yang ketiga yaitu menghindari alkohol. Sebagian besar minuman beralkohol memiliki cita rasa manis sehingga buruk bagi kesehatan.

Saat Anda mengonsumsi alkohol tanpa kontrol, itu artinya Anda sedang memasukkan racun yang dapat menghancurkan tubuh Anda secara perlahan. Alkohol diklaim dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, demensia, dan efek negatif lainnya.

Bahkan, kebiasaan minum alkohol juga dapat memengaruhi kesehatan kulit. Dilansir dari Halodoc, beberapa pengaruh buruk alkohol bagi kesehatan kulit yaitu antara lain melebarkan pori-pori, menyebabkan jerawat kistik, mempercepat penuaan kulit, menyebabkan dehidrasi kulit, memicu rosacea, meningkatkan selulitis, dan membuat kulit menjadi tegang.

Dikarenakan alkohol menyimpan lebih banyak efek negatif daripada positif, maka sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari konsumsi alkohol. Apabila Anda tidak bisa lepas dari alkohol, Anda tetap bisa meminumnya asalkan dalam jumlah sedang dan tidak lupa untuk minum banyak air putih guna membantu mengurangi efek alkohol.

Baca Juga: Dua Resep Salad untuk Kulit Cantik dan Awet Muda, Recook Sekarang!

4. Hindari makanan olahan

Cara melakukan clear skin diet yang keempat yaitu menghindari makanan olahan. Makanan olahan seperti fast food dan makanan kaleng cenderung mengandung banyak gula, garam, dan lemak melebihi yang tubuh butuhkan. Apabila kebiasaan makan makanan olahan terus Anda lanjutkan, bukan mustahil jika kulit Anda akan jauh dari kata bersih.

Meskipun repot, namun mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri dengan bahan-bahan segar akan jauh lebih sehat bagi tubuh maupun kulit. Dengan menyiapkan makanan sendiri, Anda juga dapat mengontrol dengan baik dan mengetahui kualitas dari makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh.

Selain itu, kurangilah kebiasaan makan di luar dan bawalah bekal pribadi sebagai gantinya. Jika konsisten dilakukan, kulit pun akan semakin cantik dan bersih dari dalam.

5. Singkirkan produk berbahan susu

Cara melakukan clear skin diet yang terakhir yaitu menyingkirkan produk berbahan susu. Susu terutama susu olahan memiliki kandungan gula yang tinggi dan telah dikaitkan dengan peningkatan jerawat.

Walaupun susu mengandung nutrisi yang tinggi dan baik bagi tubuh seperti kalsium dan protein, akan tetapi makanan dari bahan hewani termasuk susu bukanlah sumber protein yang ideal. Bahkan, penelitian demi penelitian telah menghubungkan protein hewani dengan insiden kanker yang lebih tinggi.

Anda tetap bisa kok mengonsumsi produk susu seperti keju asalkan tidak berlebihan. Namun, alangkah baiknya Anda mengurangi asupan protein hewani dan lebih banyak mengonsumsi sayuran demi kulit yang sehat.

Atau, Anda bisa menjadikan greek yogurt bebas gula sebagai sumber kalsium, protein, dan probiotik sekaligus solusi lebih sehat untuk mengonsumsi produk susu.

Moms, itulah 5 cara melakukan clear skin diet untuk kulit bersih bebas jerawat. Untuk memaksimalkan hasil clear skin diet, pastikan Anda tidak lupa untuk memasukkan sayuran berdaun hijau, beri-berian tinggi antioksidan, dark chocolate, tiram, pumpkin seed, dan green tea ke dalam menu makan Anda ya Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News