HOME, Bugar

Ciri-Ciri Perubahan Tubuh Saat Hamil Muda

Ciri-Ciri Perubahan Tubuh Saat Hamil Muda

MOMSMONEY.ID - Saat hamil muda, tubuh akan menunjukan ciri-ciri perubahannya. Bukan hanya perut yang semakin membesar, tapi berbagai perubahan tubuh bisa mulai dirasakan ibu.

Berbagai perubahan tubuh saat hamil muda bisa jadi membuat ibu tidak nyaman. Namun, tentunya tidak sebanding dengan rasa bahagia yang dirasakan sembari menanti kelahiran buah hati. 

Apa saja ciri-ciri perubahan tubuh saat hamil muda? Yuk Moms, simak penjelasan lebih lanjutnya.

1. Ukuran Perut Membesar

Ciri khas ibu hamil adalah perutnya yang membesar. Sebagian ibu hamil sudah bisa melihat perubahan ukuran perut pada trimester pertama kehamilan. Meski sebagian yang lain belum, tapi ini tidak menjadi masalah karena pertembuhan janin setiap orang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Bayi Bahagia Saat di Dalam Perut

2. Perubahan Kulit

Kulit ibu hamil biasanya lebih bercahaya. Jadi, tidak heran kalau kebanyakan ibu hamil terlihat lebih cerah, segar, dan cantik. Kondisi ini dipengaruhi oleh perubahan hormon kehamilan dan peningkatan sirkulasi darah di bawah kulit.

Tak jarang sebagian ibu hamil muda tidak memiliki kulit yang cerah melainkan juga berjerawat. Perubahan kulit lainnya yang akan dialami ibu hamil muda adalah munculnya stretch mark di area paha, pantat, perut, dan dada. 

3. Perubahan Vagina

Lapisan vagina menjadi lebih tebal dan kurang sensitif. Sebagian ibu hamil mungkin mengalami keputihan dan perdarahan ringan. Jangan panik saat ibu hamil mengalami perubahan ini.

Bercak darah pada awal kehamilan menandakan bahwa sel telur yang sudah dibuahi sperma berhasil menempel dalam dinding rambut. Jika perdarahan lebih berat dan disertai perut kram, segera berbicara dengan dokter kandungan.

4. Nyeri Payudara

Perubahan payudara menjadi tanda awal kehamilan. Biasanya, payudara terasa lebih lembut, nyeri, dan sensitif, sehingga terasa sakit saat disentuh. 

Ukuran payudara juga membesar, lebih berat, dan terasa penuh. Sebagian besar ibu hamil mungkin perlu mengganti bra dengan ukuran yang lebih besar agar nyaman saat dipakai.

Baca Juga: Beberapa Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

5. Pembuluh Darah Vena Terlihat

Perubahan ini terjadi akibat peningkatan volume darah, sehingga jantung memompa darah lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan kehamilan. Pembuluh darah vena yang berwarna biru bisa terlihat di perut yang membesar dan payudara.

Sementara pembuluh darah yang tampak seperti laba-laba bisa muncul di kaki, wajah, dan lengan. Pada kasus tertentu, pembuluh darah vena membesar tampak di kaki (varises).

Moms, tidak perlu terlalu khawatir dengan perubahan yang terjadi saat hamil muda. namun pastikan melakukan kontrol kehamilan kepada dokter kandungan secara rutin. jika mengalami hal yang tidak wajar segera konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Selanjutnya: Kenali Risiko Preeklampsia atau Keracuanan Kandungan pada Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News