Santai

Ciri-Ciri iPhone Terkena Virus, Begini Cara Memeriksa dan Menghilangkan Malware

Ciri-Ciri iPhone Terkena Virus, Begini Cara Memeriksa dan Menghilangkan Malware

MOMSMONEY.ID - Bisakah iPhone terkena virus? Tergantung. iPhone yang dibeli dan digunakan tanpa modifikasi perangkat lunak yang tidak sah jarang terkena malware. Lalu, bagaimana ciri-ciri iPhone terkena virus? 

Ciri-ciri iPhone terkena virus dapat Anda simak di artikel ini. Anda bisa memeriksa iPhone terkena virus dan menghilangkan malware di iPhone. 

Mengutip Make Use Of, malware pada iPhone jarang terjadi terutama karena iOS adalah hak milik dan sumber tertutup. Salah satu penyebab iPhone terkena virus yaitu karena jailbreak. 

Jadi, ya, iPhone terkena virus jika sudah di-jailbreak. Jika iPhone terkena virus, ada beberapa masalah yang muncul yang juga menjadi penanda atau ciri iPhone terkena virus. 

Baca Juga: Waspada Modus Penipuan di Telegram! Begini Cara Melaporkan dan Kenali Cirinya

Ciri-ciri iPhone terkena virus antara lain baterai yang cepat habis, penyimpanan yang rendah, pencurian data, peretasan, dan mencuri identitas atau informasi keuangan. 

Seperti virus komputer, malware sering dimulai dengan memengaruhi kinerja iPhone Anda. Sebagai permulaan, Anda mungkin melihat iPhone Anda memiliki masa pakai baterai yang buruk, dan Anda sekarang tidak pernah jauh dari stopkontak.

Memang, faktor-faktor seperti cuaca yang lebih dingin, menjalankan perangkat lunak usang, menggunakan aksesori pengisi daya non-MFI, dan perangkat yang menua, dapat memengaruhi masa pakai baterai Anda.

iphone stuck di logo

Tetapi jika Anda memperhatikan bahwa Anda perlu mengisi daya perangkat iPhone baru lebih sering dari biasanya, sebaiknya periksa malware.

Selain masa pakai baterai yang buruk, Anda mungkin juga melihat iPhone yang terinfeksi menjadi terlalu panas lebih cepat karena malware memaksa perangkat Anda untuk bekerja lebih keras. 

Jika dibiarkan, panas dapat merusak CPU, menyebabkan baterai iPhone Anda membengkak, dan tonjolan tersebut dapat mendorong layar ponsel keluar. Akhirnya, iPhone bisa berhenti bekerja sama sekali.

Malware yang dirancang secara ahli dapat tetap berada di bawah radar, memungkinkan peretas untuk melacak lokasi langsung Anda, mencuri kata sandi, foto, video, dan file, serta menyerang privasi Anda.

Baca Juga: 9 Tips Melindungi Akun Media Sosial agar Tidak Dibobol Hacker

Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa iPhone terkena virus. Berikut cara memeriksa iPhone terkena virus:

1. Cari aplikasi yang tidak dikenal

Salah satu cara termudah untuk memeriksa iPhone Anda dari virus atau malware adalah dengan menentukan apakah Anda memiliki aplikasi yang tidak dikenal di ponsel Anda, yaitu Anda harus mencari aplikasi yang Anda yakin tidak Anda unduh dan bukan aplikasi default Apple.

Cari melalui file dan folder layar utama Anda untuk mengidentifikasi aplikasi yang mencurigakan.

Jika Anda tidak dapat melihatnya tetapi masih tidak yakin, lihat pengaturan iPhone Anda dan lihat apakah Anda dapat menemukan aplikasi yang aneh.

2. Periksa perangkat Anda

Salah satu cara untuk memeriksa apakah iPhone Anda sudah di-jailbreak adalah dengan mencari Cydia atau Kodi, perangkat lunak paling populer untuk melewati batasan Apple.

Namun terkadang, ikon aplikasi akan disembunyikan di perpustakaan aplikasi, jadi Anda mungkin perlu menggunakan bilah pencarian di Pengaturan atau layar beranda.

3. Cari tahu apakah Anda memiliki tagihan telepon besar

Ketika iPhone memiliki malware, Anda mungkin menemukan bahwa ponsel Anda menggunakan lebih banyak data dari yang Anda harapkan setiap bulan.

Tentu saja, jika Anda telah melampaui tunjangan bandwidth paket Anda, Anda akan memiliki tagihan yang lebih besar. 

Demikian pula, Anda dapat melihat panggilan masuk atau keluar yang tidak Anda lakukan atau ingat menerima. Panggilan ini dapat menyebabkan Anda mengumpulkan lebih banyak tagihan dari yang diharapkan.

Untuk memeriksa berapa banyak data yang telah Anda gunakan, buka Setelan > Jaringan Seluler dan gulir ke bawah ke Data Seluler. 

Baca Juga: Cara Mencegah Serangan Malware dari Youtube Video, Ini Tips agar Tetap Aman

4. Lihat ruang penyimpanan

Untuk melihat ruang penyimpanan Anda, buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone. 

Foto, video, dan file lain mungkin menghabiskan banyak ruang perangkat Anda, tetapi jika ruang penyimpanan Anda secara signifikan lebih kecil dari yang seharusnya, iPhone Anda mungkin memiliki virus yang memonopoli memorinya.

Cara menghilangkan virus di iPhone

1. Mulai ulang iPhone

Memulai ulang iPhone Anda, dalam beberapa kasus, dapat menghilangkan malware. Tekan dan tahan tombol samping dan volume turun hingga penggeser daya mati muncul.

Kemudian, seret penggeser untuk memulai ulang. Jika itu tidak berhasil, Anda dapat memaksa me-restart iPhone Anda dan memasukkannya ke dalam Recovery Mode.

2. Kembalikan pengaturan pabrik

Jika memulai ulang iPhone Anda tidak berhasil, coba pulihkan ke pengaturan pabrik. Melakukan hal ini akan membersihkan perangkat dan menginstal ulang iOS versi terbaru.

Untuk mengatur ulang iPhone Anda, buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone. Konfirmasi ulang dengan kode sandi atau biometrik Anda.

3. Hapus aplikasi yang tidak biasa

Jika Anda melihat aplikasi yang seharusnya tidak ada di ponsel Anda, menghapusnya akan membantu membersihkan ponsel Anda dari malware. Untuk melakukan ini, Anda dapat menahan ikonnya hingga masing-masing aplikasi disorot, lalu klik Hapus Aplikasi.

Anda mungkin juga ingin menghapus apa pun yang tidak Anda unduh dari App Store. Ke depannya, Anda harus menghindari sideload aplikasi non-Store .

Baca Juga: Cegah Cyberbullying, Ini 6 Tips Bermain Internet yang Aman bagi Anak

4. Hapus data browser

Menghapus data browser Safari dapat membantu Anda menangani adware iPhone , yaitu pop-up yang mengganggu yang mengganggu pengalaman menjelajah Anda.

Untuk menghapus riwayat Anda, buka Pengaturan > Safari . Kemudian, gulir ke bawah ke Bersihkan Riwayat dan Data.

5. Gunakan perangkat lunak antivirus

iPhone tidak terlalu membutuhkan perlindungan antivirus, tetapi itu tidak berlaku jika perangkat Anda di-jailbreak.

Jika opsi yang disebutkan di atas terdengar ekstrem bagi Anda, pertimbangkan untuk menggunakan antivirus untuk mendeteksi dan menghapus malware di iPhone Anda.

Nah, itulah informasi mengenai ciri-ciri iPhone terkena virus beserta cara memeriksa dan menghilangkan malware di iPhone. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News