Santai

Charging On Hold di iPhone Error? Ini Arti dan Cara Memperbaikinya

Charging On Hold di iPhone Error? Ini Arti dan Cara Memperbaikinya

MOMSMONEY.ID - Charging on Hold adalah fitur keamanan yang tersedia di semua iPhone yang telah menjalankan iOS 16 atau lebih tinggi. Namun, apa arti Charging On Hold di iPhone?

Charging on Hold di iPhone merupakan pesan peringatan setiap kali suhu iPhone Anda melebihi suhu pengoperasioan yang disarankan saat mengisi daya. 

Fitur Charging On Hold di iPhone juga menjeda proses pengisian daya hingga iPhone kembali ke suhu normal. 

Keberadaan fitur Charging On Hold di iPhone akan melindungi komponen internal dari kerusakan akibat panas. 

Lalu, bagaimana jika Charging On Hold di iPhone eror dan tidak bekerja?

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus, Coba Pakai Fitur Ini

Mengutip TechWiser, Anda tidak perlu melakukan apapun saat fitur Charging On Hold di iPhone eror. 

Cukup cabut iPhone Anda dari pengisi daya dan biarkan dingin. Setelah kembali ke suhu normal, Anda dapat menyambungkan kembali pengisi daya untuk melanjutkan pengisian daya.

Namun, jika Anda sedang terburu-buru, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses pembuangan panas.

Jika iPhone Anda tertutup casing tebal, coba lepaskan. Selain itu, hindari menggunakan iPhone selama beberapa waktu agar dapat cepat dingin.

Pilihan lainnya adalah mematikan iPhone Anda selama beberapa menit. Ini dapat mempercepat proses pendinginan dan menghilangkan kesalahan dengan cepat.

Baca Juga: Begini Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram, Langsung Hilang Otomatis

Cara menghindari fitur Charging On Hold di iPhone mengalami eror 

1. Gunakan aksesori pengisian daya bersertifikat Apple

Ada banyak produsen pihak ketiga yang menjual adaptor daya dan kabel petir untuk iPhone dengan harga lebih murah.

Namun, tidak semua produk ini memenuhi standar kualitas yang sama dengan barang bermerek Apple.

Menggunakan adaptor daya atau kabel lightning yang tidak bersertifikat atau berkualitas rendah dapat menyebabkan iPhone Anda menampilkan kesalahan Charging On Hold berulang kali.

Untuk menghindari hal ini, Anda sebaiknya hanya menggunakan aksesori pengisian daya bersertifikasi MFi untuk mengisi daya iPhone Anda.

2. Jauhkan iPhone dari panas

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah menjauhkan iPhone dari sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya saat mengisi daya.

Ini dapat membantu mencegah iPhone Anda dari kepanasan. Anda harus meletakkan iPhone Anda di tempat yang sejuk dan berventilasi baik untuk menghindari pesan kesalahan saat mengisi daya.

3. Jangan Menggunakan iPhone saat Mengisi Daya 

Jika Anda menggunakan iPhone saat mengisi daya, ini dapat menghasilkan panas tambahan karena penggunaan baterai dan memicu kesalahan Charging On Hold.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan iPhone Anda saat sedang mengisi daya.

Lebih khusus lagi, Anda harus menghindari tugas apa pun yang membutuhkan banyak daya pemrosesan, seperti merekam video atau memainkan game kelas atas.

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Cara Membuka iPhone yang Terkunci Tanpa Kata Sandi

4. Matikan Background App Refresh 

Background App Refresh adalah fitur iOS yang memungkinkan aplikasi menyegarkan kontennya bahkan saat Anda tidak menggunakannya.

Karena fitur ini memungkinkan aplikasi berjalan di latar belakang dan menggunakan sumber daya tanpa batasan apa pun, iPhone Anda mungkin kesulitan menghilangkan panas yang dihasilkan oleh penggunaan baterai yang berlebihan.

Untungnya, iPhone Anda memungkinkan Anda untuk mengontrol izin Penyegaran Aplikasi Latar Belakang untuk setiap aplikasi Anda satu per satu.

Anda dapat menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang untuk aplikasi yang tidak penting guna mencegahnya menggunakan sumber daya di latar belakang.

5. Aktifkan Mode Daya Rendah

Mengaktifkan Mode Daya Rendah di iPhone Anda membatasi aktivitas latar belakang dan mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan.

Akibatnya, iPhone Anda menghasilkan lebih sedikit panas, dan pesan peringatan Charging On Hold tidak muncul.

Untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah di iPhone Anda, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Baterai. Kemudian, aktifkan sakelar di sebelah Mode Daya Rendah.

Itulah informasi mengenai fitur Charging On Hold di iPhone yang eror beserta beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News