BisnisYuk

Cetak Kinerja Ciamik, PGE Sediakan Energi Bersih yang Andal dan Terjangkau

Cetak Kinerja Ciamik, PGE Sediakan Energi Bersih yang Andal dan Terjangkau

MOMSMONEY.ID - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk atau PGE bakal tetap fokus menyediakan akses ke energi bersih dan ramah lingkungan yang andal dan terjangkau.

"Ke depan, PGE akan tetap fokus untuk memperkuat posisi di sektor energi baru dan terbarukan khususnya panas bumi," kata Direktur Keuangan PGE Nelwin Aldriansyah dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (5/6).

"Serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan berkelanjutan Indonesia guna menyediakan akses ke energi bersih dan ramah lingkungan yang andal dan terjangkau," tutup Nelwin.

Apalagi, PGE berhasil menorehkan kinerja positif di  kuartal I 2023, dengan membukukan kenaikan laba bersih mencapai 49,3% menjadi Rp 715,4 miliar dibandingkan dengan periode yang sama di 2022 sebesar Rp 478,6 miliar.

Peningkatan laba bersih ini juga diiringi dengan peningkatan pendapatan usaha 19% dengan laba kotor yang juga tumbuh sebesar 32,7%.

Baca Juga: Ingin Bisnis Online Grocery? Begini Tantangan & Peluangnya

Kinerja keuangan yang sangat baik tersebut menunjukkan efisiensi operasional yang PGE lakukan. Efisiensi ini pada akhirnya akan berdampak pada pertumbuhan berkelanjutan.

Nelwin menegaskan, saat ini PGE berada di posisi keuangan solid untuk terus tumbuh secara berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat debt to equity ratio (DER) yang kuat, sebesar 40%. 

Sejalan dengan peningkatan kinerja keuangan, nilai aset PGE pun turut mengalami peningkatan dibandingkan dengan Desember 2022 menjadi Rp 43,4 triliun.

Peningkatan ini mencerminkan upaya PGE dalam mengoptimalkan pengelolaan dan investasi aset, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan dan mendorong pemanfaatan potensi panas bumi di Indonesia.

Baca Juga: Cari Cuan dari Konten sebagai Content Creator? Ini Dia Tips dari Dhiarcom dan Shopee

Tidak hanya itu, PGE juga berhasil melunasi pinjaman jangka pendek (bridge loan) sebesar Rp 6 triliun yang diraih dari penerbitan green bond yang berkontribusi terhadap pengurangan total utang perseroan pada kuartal I-2023 menjadi Rp 11,3 triliun.

Hal ini menjadikan struktur permodalan PGEO menjadi lebih ideal dan kuat. Penurunan utang ini juga merupakan bukti komitmen perseroan dalam mengelola kewajiban keuangan dengan bijaksana, yang berkontribusi pada stabilitas keuangan dan keberlangsungan bisnis perusahaan.

Secara keseluruhan, pencapaian ini menunjukkan, PGE telah berhasil mengelola keuangan dengan baik, meningkatkan kinerja operasional, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News