HOME, Santai

Cermati Letak Sakit Kepala Agar Tahu Penyebabnya

Cermati Letak Sakit Kepala Agar Tahu Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Sakit kepala yang sering menyerang di area kepala tentunya membuat rasa yang tidak nyaman. Beda letak dari sakit kepala yang dirasakan pun bisa mengindikasi kondisi kesehatan tubuh yang berbeda juga.

Dengan mengetahui letak sakit kepala yang dirasakan bisa membantu untuk memberikan penanganan yang tepat bagi penderitanya. Selain itu kondisi sakit kepala juga bisa dijadikan sebuah gejala dari penyakit di tubuh.

Untuk itu, berikut ini adalah letak sakit kepala yang umum dirasakan penderitanya.

Baca Juga: Obat Alami yang Ampuh Meredakan Migrain

Satu sisi kepala

Sakit kepala pada salah satu bagian kepala baik bagian kanan atau kiri saja, bisa mengindikasi adanya sakit migraine. Ciri-cirinya adalah pusing di satu sisi kepala, merasa mual, dan susah untuk fokus.

Migrain bisa terjadi karena berkurangnya hormone serotonin di dalam tubuh. Kurang tidur, perubahan hormon, cahaya yang terlalu terang, dehidrasi, dan kurang makan bisa menjadi penyebab munculnya migraine.

Belakang mata

Sakit kepala yang dirasakan di bagian belakang mata sering disebut dengan sakit kepala cluster. Sakit kepala ini bisa merbat ke daerah dahi, leher belakang, maupun pundak. 

Gejala dari sakit kepala ini adalah adanya rasa sakit di area belakang mata, mata yang berair, hidung berair, dan merasa lelah. Istrahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala yang biasanya disebabkan karena kelelahan ini.

Baca Juga: Penting bagi penderita vertigo! Coba 4 cara mengatasinya ini

Belakang kepala

Sakit kepala yang terasa di bagian belakang kepala bisa diakibatkan karena arthritis yang terjadi di leher. Biasanya terjadi karena postur yang buruk maupun permasalahan pada leher bagian belakang.

Sakit kepala pada bagian belakang sering dikaitkan dengan kemunculan sakit pada leher belakang. Rasa sakit bisa bertambah ketika Anda mencoba untuk duduk dengan tegap, berdiri, bersin, maupun melakukan kegiatan fisik lainnya.

Sinus

Sakit kepala sinus adalah jenis sakit kepala yang terjadi pada bagian sinus. Biasanya dikaitkan karena terserang flu dan alergi. Sakit kepala sinus ini merupakan kasus yang jarang terjadi karena biasanya seseorang hanya mengalami migrain. 

Sakit kepala sinus ini sering disalah artikan dengan migrain. Untuk mendiagnosis lebih tepat, Anda bisa memeriksakan kondisi pada dokter. 

Selanjutnya: Tanpa Obat, 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News