HOME, Bugar

Cermati 4 Makanan yang Bisa Buat Kulit Anda Terlihat Kusam

Cermati 4 Makanan yang Bisa Buat Kulit Anda Terlihat Kusam

MOMSMONEY.ID - Salah satu penyabab munculnya wajah kusam didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Kulit kusam dapat mempengaruhi penampilan dan mengurangi kepercayaan diri seseorang, walaupun memang tidak ada dampak yang buruk ke kesahatan.

Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu berlebihan mengonsumsi beberapa makanan yang ada di bawah ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Melansir dari natur-e.co.id, berikut makanan yang membuat kulit kusam, yaitu: 

1. Olahan Susu

Susu murni

Makanan yang membuat kulit kusam pertama yaitu olahan susu. Olahan susu seperti susu, keju, yogurt, hingga es krim bisa dikombinasikan dengan makanan gurih atau manis, terlalu sering konsumsi dairy products bisa memicu produksi minyak berlebih, serta berujung jerawat hingga kusam. Ada baiknya, Anda mengurangi olahan susu. 

2. Gorengan

Selanjutnya, makanan yang membuat kulit kusam adalah gorengan. Siapa yang tak suka gorengan? Gorengan termasuk cemilan favorit banyak orang. Mudah dibeli dan dibuat, bahkan bisa dipesan secara online, konsumsi gorengan dalam jumlah banyak dapat memicu kulit tampak berminyak, mudah berjerawat, dan tampak kusam.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Tepat Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

3. Makanan Manis

Donat Bomboloni

Berikutnya, Makanan manis juga termasuk makanan yang bisa membuat kulit kusam. Makanan tinggi gula ini sering dianggap makanan peningkat mood. Selain itu, kudapan manis bisa mempengaruhi kesehatan, tetapi juga dituding menjadi pemicu beberapa masalah kulit seperti jerawat dan kusam.

4. Daging Olahan

Makanan yang membuat kulit kusam terakhir adalah daging olahan. Daging termasuk makanan yang paling digemari banyak orang. Makanan ini dapat diolah menjadi beragam hidangan lezat, seperti sosis, kornet, hingga smooked beef yang bila dikonsumsi berlebihan bisa membuat wajah tampak kurang segar. Selain tingginya kadar natrium yang memicu pembengkakan, terutama di sekitar mata, daging olahan juga jadi salah satu penyebab kulit kusam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News